Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Berobat ke Rumah Sakit bagi Pasien Non-Covid Selama Pandemi

Pasien non-Covid-19 kini mengalami kendala saat berobat ke rumah sakit. Lakukanlah screening mandiri atau pemeriksaan virus corona sebelum berobat.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  20:10 WIB
Lakukan pemeriksaan virus corona pribadi sebelum berobat ke rumah sakit, agar lebih cepat mendapatkan pelayanan di rumah sakit./Antara - Fauzan
Lakukan pemeriksaan virus corona pribadi sebelum berobat ke rumah sakit, agar lebih cepat mendapatkan pelayanan di rumah sakit./Antara - Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi yang belum berakhir menimbulkan kekhawatiran bagi pasien yang tidak terinfeksi virus corona (Covid-19) untuk berobat ke rumah sakit.

Bahkan, ada juga pasien yang mengalami sakit asam lambung hingga penyakit serius, mendapatkan penolakan dari tenaga medis di rumah sakit.

Berikut tips yang bisa dilakukan bagi orang-orang yang ingin berobat di masa pandemi:

1. Berobat via online

Cobalah lakukan konsultasi via online untuk berbincang dengan dokter. Maksimalkan peran telemedicine untuk berkomunikasi dengan perawat atau dokter melalui telepon dan email.

2. Lakukan screening pribadi

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, bila Anda ingin berobat ke rumah sakit. Terlebih dahulu, lakukan screening diri sendiri seperti swab PCR.

Di tengah pandemi ini, segala gejala yang muncul seperti, batuk, radang saluran pernapasan, dan diare, dicurigai sebagai gejala Covid-19. Maka sebaiknya lakukan screening pribadi sebelum berobat ke rumah sakit.

3. Berobat ke rumah sakit

Lebih baik melakukan registrasi online. Pasien yang masuk ke rumah sakit melalui registrasi online diharuskan mengisi kajian mandiri terkait Covid-19. Bila pasien terindikasi gejala Covid-19 langsung diarahkan ke triase rawat jalan Covid-19. Bila pasien dengan hasil asesmen tidak terkait dengan Covid-19 tetap melalui proses screening.

Saat berobat di rumah sakit, maka sebaiknya gunakan pelindung diri yang maksimal seperti masker dan tetaplah menjaga jarak dengan orang yang ada di sekitar Anda.

Hindari menyentuh wajah, meskipun muncul keringat ataupun rasa gatal saat mengenakan masker. Jangan menyentuh mata, hidung, mulut, dan masker Anda.

4. Hindari penggunaan uang cash

Saat membayar biaya rumah sakit, maka hindari penggunaan uang tunai. Bila hanya memiliki uang tunai, maka bersihkan kembali tangan dan lengan Anda usai menyentuh permukaan benda.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah sakit Virus Corona Covid-19 Rapid Test swab test
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top