Boyband Super Junior/allkpop
Entertainment

Lagu-Lagu K-Pop Kian Populer di Spotify Sepanjang 2020

Rezha Hadyan
Kamis, 7 Januari 2021 - 11:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi atau grup musik asal Korea Selatan mulai mendominasi layanan streaming Spotify sepanjang 2020.

Melansir The Korea Times pada Kamis (7/1/2021), data Spotify Wrapped 2020 yang dikumpulkan sepanjang 1 Januari -15 November 2020 menunjukkan bahwa lagu-lagu K-Pop sudah putar sebanyak 10,6 miliar kali sepanjang tahun lalu. Hal tersebut menandai peningkatan pengaruh K-Pop di seluruh dunia.

Mengikuti BTS, BLACKPINK, TWICE, Stray Kids dan Red Velvet termasuk di antara lima musisi Korea yang paling banyak streaming. EXO, Seventeen, IU, NCT 127 dan (G) I-DLE juga berada di peringkat 10 besar, menurut Spotify.

Solois K-pop dan anggota grup populer seperti Girls Generation dan BTS yang telah merilis materi solo memimpin balapan streaming di bagan terpisah dari artis wanita dan pria K-pop yang paling banyak di-streaming.

Solois IU menduduki puncak tangga lagu artis K-pop wanita, diikuti oleh Taeyeon dari Girls Generation, Chung Ha dan Hwasa dari Mamamoo. Di chart artis pria, Agust D, lebih dikenal sebagai Suga dari BTS, menduduki peringkat No. 1, diikuti oleh Zico dari Block B dan Baekhyun dari EXO. Anggota BTS RM, j-hope dan V juga masuk 10 besar.

Berdasarkan genre, "Any Song" oleh Zico, "Candy" oleh Baekhyun, dan "Sweet Night" oleh V untuk serial TV populer "Itaewon Class" adalah lagu yang paling banyak diputar di hip-hop, RB, dan OST Korea.

Data tahunan datang menjelang peluncuran Spotify yang telah lama ditunggu-tunggu di Korea Selatan tahun ini.

Pada bulan Desember, perusahaan mengumumkan rencana untuk memulai layanan di sini pada paruh pertama. Perusahaan Swedia saat ini menyediakan streaming musik ke sekitar 320 juta pendengar di 92 pasar.

"Dengan peluncuran kami yang akan datang di Korea Selatan, kami berharap dapat membantu mempercepat pertumbuhan seluruh ekosistem streaming musik Korea, yang pada akhirnya menguntungkan artis, pendengar, dan penggemar," kata Marian Dicus, wakil presiden dan co-head global musik di Spotify.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro