Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Cari Pasangan via Aplikasi Kencan Online? Ini Tips dari Psikolog

Dia mengatakan sebelum mulai online dating, tentukan dulu: apa tujuan Anda. Misalnya, kalau ingin mencari pasangan hidup jangka panjang, maka carilah online dating apps yang mendukung tujuan itu.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 Januari 2021  |  10:38 WIB
Kencan Online - boldsky.com
Kencan Online - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pingkan Rumondor, seorang psikolog klinis memberikan tips bagi Anda yang ingin mencari pasangan via aplikasi kencan online.

Dia mengatakan sebelum mulai online dating, tentukan dulu: apa tujuan Anda. Misalnya, kalau ingin mencari pasangan hidup jangka panjang, maka carilah online dating apps yang mendukung tujuan itu.

Setelah itu, kenali sifat dan nilai apa saja yang menurut Anda penting dimiliki si calon pasangan?

Lalu pikirkan perilaku apa saja yang bisa membantu melihat sifat/nilai tersebut. Hindari membuat list yang sangat abstrak, misal baik hati pintar. Tapi buatlah list kriteria pasangan yang konkret seperti bisa menulis kalimat secara lengkap, menyapa dengan menyinggung sesuatu yang saya tulis di profil, menghindari konten terkait seks saat menyapa.

"Buat juga sistem sortir sendiri berdasarkan kriteria yang paling kamu anggap penting. Terakhir, jadilah diri yang otentik, tampilkan versi terbaik dari dirimu.” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Dia juga menjabarkan beberapa persiapan psikologis sebelum bertemu pasangan kencan dari dating app seperti berikut ini:

1. Kelola ekspektasi, teman kencan Anda mungkin tampil berbeda dari foto profil. Fokuslah ke hal-hal yang penting buat Anda. Perhatikan bagaimana ia berinteraksi dengan Anda dan orang sekitar (misal: pelayan restoran).
Utamakan keselamatan.

2. Lakukan background check dengan mengecek kecocokan antara informasi di profil, obrolan dan fakta (misal: dari google) sebelum pertemuan tatap muka. Akan lebih baik jika mengobrol dulu via telepon/video sebelum bertemu tatap muka. Gunakan kesempatan ini untuk background check. Untuk keamanan, pastikan Anda pergi dan pulang sendiri, bertemu di tempat umum, siapkan telepon genggam Anda dan informasikan kencan ini ke teman/keluarga. Akan lebih baik kalau punya exit plan.

3. Tetapkan batasan pribadi (personal boundaries) dengan tegas. Batasan pribadi yang perlu diperhatikan adalah materi (harta benda, uang, usahakan bayar sendiri-sendiri di kencan pertama), emosional (jika kencan Anda merasa sedih atau merah, Anda tidak bertanggung jawab membuatnya menjadi tenang), fisik (katakan “tidak” jika ada sentuhan yang tidak Anda inginkan), waktu dan energi (hargai jadwal dan energi Anda sendiri, jangan biarkan seseorang yang memaksa Anda untuk menghabiskan waktu / energi Anda yang berharga ketika Anda tidak menginginkannya. Akan lebih baik kalau Anda punya batasan waktu kencan pertama, misal: tidak lebih dari 1 jam).

4. Siapkan topik-topik pembicaraan. Anda bisa mulai dengan mempelajari profilnya dan mencatat, hal-hal penting apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut dari dia dan hal-hal apa yang ingin Anda ceritakan ke teman kencan Anda. Simpan informasi pribadi untuk nanti, mulailah dari hal-hal yang general.

5. Terakhir percayalah pada firasat Anda, intuisi Anda: jika kencan Anda tampaknya terlalu baik untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu. Jika Anda merasa tidak nyaman, hentikan interaksi sejenak, tarik nafas, dan gunakan logika Anda


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kencan Relationship
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top