Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diperankan oleh Jet Li dan Jackie Chan. Siapakah Kung Fu Master Wong Fei-Hung Sebenarnya?

Nama Wong Fei-Hung telah diperkenalkan dan diabadikan melalui novel, radio, cerita surat kabar, dan serial televisi. Siapakah dia?
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 08 Februari 2021  |  17:44 WIB
Jet Li berperan sebagai Wong Fei-hung dalam film berjudul Once Upon a Time in China 1992, directed by Tsui Hark. - SCMP
Jet Li berperan sebagai Wong Fei-hung dalam film berjudul Once Upon a Time in China 1992, directed by Tsui Hark. - SCMP

Bisnis.com, JAKARTA - Sosok Wong Fei-Hung sering sekali diperankan oleh Jet Li dan Jackie Chan pada pada layar televisi. Film ini diangkat dari sang legenda pencak silat asal China.

Nama Wong Fei-Hung juga sudah terkenal sampai ke Indonesia. Kisahnya telah ditayangkan dalam 100 film. Namun, yang sangat mengejutkan bahwa hanya sedikit informasi tentang Wong Fei-hung, padahal pria ini sangat terkenal dengan gaya kung fu selatan.

Mengutip dari South China Morning Post, Senin (8/2/2021), Wong Fei-Hung lahir sekitar 1847 di provinsi Guangdong. Dia juga mengajar seni bela diri kepada militer, dan menikah empat kali. Istri terakhirnya meninggal di Hong Kong pada tahun 1982

Pria ini adalah yang paling terkenal dari semua eksponen seni bela diri Tiongkok gaya selatan, dan kisahnya telah melegenda. Dari sekitar 100 film tentang dirinya, ada 77 di antaranya menampilkan aktor Kwan Tak-hing, yang menjadi identik dengan Wong selama tahun 1950-an dan 1960-an.

sejarah wong fei hung Kwan Tak-hing dalam peran judul dalam The Story of Wong Fei-hung

Kwan Tak-hing (depan) berperan dalam film berjudul The Story of Wong Fei-hung./SCMP

Nama Wong Fei-Hung telah diperkenalkan dan diabadikan melalui drama radio, novel, cerita surat kabar, dan serial televisi. Semua itu telah mengharumkan namanya. Paling mengejutkan yakni ada tujuh surat kabar yang memuat novel berseri tentang Wong pada saat yang bersamaan di Negeri Tirai Bambu.

Master seni bela diri ini dikenal oleh penonton internasional pada 1990-an ketika ia diperankan oleh Jet Li Lianjie dalam karya Tsui Hark yang sangat sukses. 

Film seri berjudul Once Upon a Time in China telah mengharumkan nama Wong. Terlepas dari statusnya sebagai pahlawan rakyat, sangat sedikit hal yang diketahui masyarakat tentang Wong dan kehidupannya.

Memang, sebagian besar sejarah Wong telah diwarnai oleh eksploitasi fiksi yang dikaitkan dengannya. Seperti kalimat dalam The Man Who Shot Liberty Valance karya sutradara Amerika John Ford berbunyi, "Saat legenda menjadi fakta, ini dibilang mencetak legenda", dan ini pasti terjadi dalam kasus Wong.

“Wong Fei-hung sangat dihormati selama hidupnya, tapi hanya sedikit yang diketahui tentang dia,” kata Woshi Shanren, yang menulis novel tentang seniman bela diri pada 1940-an dan 1950-an.

Bahkan satu-satunya foto yang diklaim sebagai dirinya ternyata adalah foto salah satu putranya.

Penelitian Yu Mo-wan menuangkan hasil penelitiannya dalam esai yang diterbitkan tahun 1981, Sinema Prodigius Wong Fei Hung, membuktikan beberapa fakta dasar tentang kehidupan Wong. Lalu munculah, fakta-fakta lain yang terungkap.

Beberapa fakta yang terungkap adalah Wong lahir sekitar tahun 1847 di atau dekat Foshan di provinsi Guangdong China. Ayahnya bernama, Wong Kei-ying, adalah salah satu dari Sepuluh Macan Kanton yang terkenal, nama kolektif yang diberikan kepada seniman bela diri terbaik di Guangdong pada pertengahan abad ke-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film china jackie chan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top