Seluruh anggota dewan dan pegawai di lingkungan DPRD Sumatra Utara menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan Covid-19 di Kantor DPRD Sumatra Utara, Selasa (29/9/2020)./Antara
Health

Penyebab Tes PCR Positif Pasca Sembuh dari Covid-19

Desyinta Nuraini
Rabu, 17 Februari 2021 - 22:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak sedikit orang yang kebingungan mendapati hasil tes PCR positif setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Menjadi pertanyaan, apakah dengan hasil tersebut mereka dapat menularkan virus kepada oang lain? 

Menjawab pertanyaan ini, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban memastikan setelah dinyatakan sembuh, pasien OTG dan bergejala ringan tidak akan menularkan virus.

"Yang penting mereka telah menjalani karantina atau isolasi mandiri selama 10 hari sejak tes PCR konfirmasi positif," ujarnya dikutip Bisnis dalam Instagram @profesorzubairi, Rabu (17/2/2021). 

Dia menjelaskan hasil tes PCR positif pada orang yang dinyatakan sembuh itu tidak mecerminkan virus corona yang lengkap. "Yang terdeteksi pada tes PCR tersebyt hanya partikel dari korona yang tidak lagi menular," bebernya.

Kata Zubairi dasar dari argumen ini dibuktikan dengan penelitian di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Korea Selatan yang mempelajari 285 orang yang sembuh dari Covid-19 namun hasil tes PCR masih positif. 

Hasil studi menemukan pasien sembuh yang kembali positif berdasarkan tes PCR tidak ditemukan telah menyebarkan infeksi. Oleh sebab itu, Zubairi meminta masyarakat tidak memberi stigma terhadap OTG dan orang dengan gejala ringan yang dinyatakan smebuh meski tanpa tes usap PCR ulang.

Lebih jauh, WHO juga telah memberi pernyataan mengenai hal ini. Dikatakan bahwa seseorang bisa dinyatakan sembuh ketika tidak lagi menunjukkan gejala Covid-19 tanpa memerlukan konfirmasi tes PCR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro