Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kena Efek Samping Vaksin Covid-19. Jangan Panik, Ini Tipsnya!

Efek samping dari suntikan Covid-19 umumnya tidak parah. Masyarakat diharapkan tenang dalam menanganinya. Berikut ini tipsnya.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  10:45 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Anda pasti pernah membaca berita atau mendengar laporan dari teman atau keluarga soal efek samping yang dirasakan setelah disuntik vaksin Covid-19. Berbagai komentar membuat Anda bingung atau takut untuk mengikuti vaksinasi.

Dr. Michael Daignault, seorang dokter di Los Angeles yang dikutip dari USA Today, mengatakan telah melihat secara langsung efek samping dari suntikan Covid-19, tetapi dia menilai efek samping tersebut tidak parah.

“Efek samping vaksin 100 kali lebih baik daripada tertular Covid itu sendiri,” katanya.

Dengan demikian masyarakat tidak perlu khawatir. Berikut ini tips untuk mengatasi gejala yang sering muncul setelah vaksin:

1. Mengobati area suntikan di tangan

Salah satu area yang akan beraksi terhadap suntikan vaksin adalah tangan, terutama area bekas suntikan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS memasukan pembengkakan dan rasa sakit di area bekas suntikan sebagai efek samping yang normal.

CDC dan WHO merekomendasikan untuk tidak mengkonsumsi pereda rasa sakit seperti acetaminophen dan ibuprofen. Jika sakit tidak tertahankan, Daignault menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum obat pereda rasa sakit. Sekalipun para ahli obat seperti Tylenol dan Advil dikatakan aman untuk meredakan efek samping setelah vaksinasi, Anda tetap diharapkan berkonsultasi terlebih dahulu.

Jika benar-benar bengkak, Daignault merekomendasikan Anda untuk berendam atau mandi dengan garam Epsom. "Ambil dua cup garam Epsom, taruh di air yang hangat dan berendam lah selama 20 menit, tuntaskan dengan mandi air dingin dan segera beristirahat," ujarnya.

Garam Epsom dapat ditemukan mudah di e-commerce. Dr.Richard Pan, pediatris sekaligus Senator dari California, mengatakan mengerakan tangan dapat membantu membuat sakit di tangan berkurang.

2. Mengantuk, Demam, Lelah, Mengigil dan Sakit Kepala

Efek samping ini sering dialami setelah masyarakat mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Daignault menyarankan agar Anda beristirahat dengan cukup.

"Saya mendorong orang untuk tetap menjalankan aktivitas sehari-hari karena Anda tentu ingin menjaga sistem kardiovaskular dengan baik," ujarnya. Jika demam, CDC AS merekomendasikan untuk beristirahat dan meminum air putih yang cukup. Kenakan pakaian dengan bahan yang ringan dan nyaman. Mengompres demam atau area bekas suntikan yang sakit bisa menjadi opsi.

"Kadang ini dianggap berlebihan tetapi ini yang kita punya dan ini tidak melibatkan obat-obatan," ujar Daignault. Jika tak ada es, Anda bisa mengunakan handuk kecil yang dibasahkan dengan air dingin.

3. Konsultasi ke Dokter

Jika efek samping berkelanjutan setelah beberapa hari, Anda disarankan menemui dokter. Pan mengatakan gejala yang dialami setelah vaksinasi, tidak semuanya merupakan efek samping dari vaksin. Terkadang, lanjutnya, rasa sakit bisa menandakan adanya penyakit lain yang memicunya.

"Jadi segera telepon dokter Anda...tentu jika Anda membutuhkan perawatan medis lebih lanjut," ujarnya. Pan mengingatkan jika Anda memiliki nafas yang pendek atau sesak nafas, hal tersebut bukan berasal dari vaksin. "Jadi jangan berpikir, 'ah, ini hanya vaksin'," katanya. Segera ke dokter untuk memeriksakannya.

Bagi masyarakat yang melakukan vaksin, harap benar-benar memahami bahwa Anda tidak sepenuhnya aman dari Covid-19 setelah vaksin pertama.

Beberapa jenis vaksin Covid-19 membutuhkan dua dosis sebelum mencapai tingkat efikasi. Karena vaksin apapun yang ada saat ini tidak menjamin 100 persen efektivitas, maka masyarakat tetap harus menjaga jarak, menghindari keramaian, memakai masker dan hidup sehat.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top