Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ajaib! Gambar Animasi Kucing, Nyan Cat Dilelang Rp8,21 Miliar

Gambar animasi Nyan Cat bukanlah seni kripto pertama yang dijual dengan nilai miliaran rupiah dan dibayar dengan cryptocurrency.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  17:10 WIB
Animasi Nyan Cat dilelang dengan harga US587.000 atau setara Rp8,21 miliar, bila menggunakan kurs Rp14.000 per dolar.
Animasi Nyan Cat dilelang dengan harga US587.000 atau setara Rp8,21 miliar, bila menggunakan kurs Rp14.000 per dolar.

Bisnis.com, JAKARTA -- Pekan lalu, versi baru gambar animasi 'Nyan Cat', seekor kucing yang terbang di luar angkasa dan meninggalkan jejak pelangi, dilelang seharga US$587.000 atau setara Rp8,21 miliar, dibeli dalam cryptocurrency.

Dilansir melalui Business Insider, Rabu (24/2/2021), gambar terkenal itu dibuat pada tahun 2011 oleh Christopher Torres, yang memutuskan untuk hari jadi kesepuluh karyanya dia akan membuat versi baru, yang dilelang.

Artis itu mengunggah tweet di mana dia dengan rendah hati menjelaskan bahwa dia baru saja membuka pintu ke masa depan dengan ekonomi meme di semesta Crypto. Pesan tersebut juga ditujukan kepada mereka yang mencari nafkah dari seni.

"Saya berharap ini menginspirasi seniman masa depan untuk memasuki dunia #NFT sehingga mereka bisa mendapatkan pengakuan atas karyanya," tulis Torres di akun Twitter-nya.

Selama beberapa pekan terakhir, penjualan online non-fungible tokens (NFT) telah meningkat, karena cryptocurrency seperti Bitcoin berkembang pesat.

Produk seni NFT - yang beroperasi sebagai jenis aset atau token digital - dalam beberapa kasus telah terjual lebih dari US$3,5 juta, berkontribusi pada pasar seni crypto yang saat ini bernilai lebih dari US$100 juta. Bagi Torres, penjualan NFT melalui 'Nyan Cat' merupakan langkah pertamanya dalam seni crypto.

nyan cat torres

"Saya sangat terkejut dengan keberhasilannya, tetapi saya pikir saya sangat senang mengetahui bahwa pada dasarnya saya telah membuka pintu ke ekonomi meme baru di dunia crypto," kata Torres kepada Nasdaq.

Tawaran untuk Nyan Cat dimulai pada 3 Ether (ETH) atau sekitar US$1.544,38 dan ditutup pada 300 ETH atau sekitar US$590.000 pada saat penjualan. Meskipun ada penjualan, GIF dan video Nyan Cat yang ada akan tetap tersedia untuk didistribusikan secara online.

Penjualan seni crypto memungkinkan pembeli untuk beroperasi sebagai semacam kolektor - sebagai pemilik karya seni digital berdasarkan meme populer. Nyan Cat bukanlah seni kripto pertama yang dijual dengan nilai tinggi.

Pada akhir pekan lalu, sekelompok 34 karya seni digital yang dapat dikoleksi, yang disebut CryptoPunks, dijual seharga lebih dari US$1 juta dalam ETH, menurut CoinDesk.

Investor juga sudah lebih dulu telah mempertaruhkan uang crypton pada produk digital seperti Nyan Cat di masa lalu. Business Insider mencatat pada tahun 2018, 1,5 juta orang memasukkan lebih dari US$40 juta ke dalam CryptoKitties.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lelang aplikasi seniman
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top