Fajar Hanggoro, Customer Relation Executive Kalbe Farma
Health

Siapa Saja yang Perlu Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral?

Syaiful Millah
Jumat, 26 Februari 2021 - 18:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh baiknya dipenuhi melalui konsumsi makanan yang beragam. Namun, kondisi di lapangan tak selalu ideal. Oleh sebab itu, konsumsi suplemen atau multivitamin bisa menjadi pilihan.

Esther Kristiningrum, dokter departemen medik menuturkan multivitamin merupakan suplemen yang terdiri dari berbagai macam vitamin, dan terkadang dilengkapi dengan mineral.

Vitamin dan mineral sendiri merupakan mikronutrien yang bermanfaat bagi tubuh. Kekurangan mikronutrien dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk gangguan fungsi sel, penurunan daya tahan tubuh, dan menghambat proses penyembuhan.

"Suplemen mikronutrien dapat mencegah defisiensi vitamin dan mineral di saat kebutuhannya tidak terpenuhi dari asupan makanan sehari-hari," katanya dalam webinar, Jumat (26/2).

Esther mengatakan ada beberapa penyebab yang membuat seseorang mengalami defisiensi mikronutrien. Misalnya gangguan penyerapan makanan, kurang asupan makanan, peningkatan pengeluaran, dan peningkatan kebutuhan.

Adapun, beberapa kelompok yang perlu mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral adalah wanita usia subuh atau dalam masa reproduksi dan ibu hamil atau menyusui yang memerlukan nutrisi lebih.

Selain itu, termasuk juga kelompok anak dan remaja dengan kebiasaan makan yang tidak teratur, orang dengan gangguan makan, orang dengan penyakit tertentu, dan yang sering konsumsi makanan cepat saji.

Fajar Hanggoro, Customer Relation Executive Kalbe Farma menyatakan Kalbe terus berkomitmen menghadirkan suplemen yang membantu kesehatan masyarakat, termasuk di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Dia menuturkan misalnya produk Zegavit yang merupakan kombinasi multivitamin dan mineral. Produk ini berasal dari bahan esensial yang terdapat dalam makanan untuk metabolisme yang normal dan menjaga kesehatan tubuh.

Zegavit, lanjutnya mengandung sejumlah vitamin penting seperti B1, B2, B3, B5, vitamin C, vitamin E, zinc atau seng, dan kalsium. Akan tetapi, produk ini hanya diperuntukkan bagi orang dewasa dengan konsumsi 1 kali sehari.

Selain itu, ada juga Prove D yang merupakan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, yang penting tak hanya bagi tulang dan gigi tapi juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Prove D tersedia dalam dua bentuk yakni drop dan tablet. satu botol Prove D setara dengan 450 tetes di mana anjuran penggunaannya adalah 1 tetes per hari. Begitu juga dengan tablet dengan 1 tablet setiap hari setelah makan.

"Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, kita harus tetap mengonsumsi asupan vitamin yang cukup. Di mana selain dari konsumsi makanan juga bisa didapatkan dari suplemen tambahan," kata Fajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro