Tenaga medis menggunakan pakaian pelindung khusus saat merawat pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan, di Wuhan, Provinsi Hubei, China Rabu (28/1/ 2020). China Daily via Reuters
Health

Ini Tips Agar Tidak Terinfeksi Virus Corona Lagi

Novita Sari Simamora
Sabtu, 27 Februari 2021 - 17:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang-orang yang pernah terinfeksi virus corona bisa kembali terinfeksi Covid-19 dan sangat disarankan  untuk tetap taat pada protokol kesehatan.

Dokter Adam Prabata mengungkapkan terkait kapan jarak waktu orang akan  terinfeksi virus corona (Covid-19) masih belum diketahui. Dia mengungkapkan bahwa rerata jarak waktu reinfeksi dengan infeksi pertama tercatat 95 hari.

Sementara itu, CDC mengungkapkan bahwa risiko terjadinya reinfeksi kembali (reinfeksi) diperkirakan sangat kecil pada 90 hari pertama setelah terinfeksi.

"Orang yang sudah pernah terkena Covid-19 dan sembuh masih mungkin terkena virus corona lagi atau mengalami reinfeksi," seperti dikutip dari Instagram, Sabtu (27/2/2021).

Seorang yang pernah terinfeksi virus corona akan memiliki antibodi pasca sembuh dari Covid-19, yang diperkirakan masih dapat memberikan perlindungan  dari reinfeksi hingga 6 bulan.

Selain itu, perlindungan dari antibodi pasca sembuh dari Covid-19 terhadap infeksi diperkirakan sekitar 83 persen.

Adam mengungkapkan bahwa orang-orang yang reinfeksi berisiko menularkan virus corona ke orang lain. Dia juga menyarankan agar orang yang telah sembuh tetap melaksanakan protokol kesehatan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro