Orang yang terinfeksi virus corona (Covid-19) melaporkan kerusakan hati./ilustrasi
Health

Bagaimana Cara Virus Corona Menyebabkan Kerusakan Hati?

Novita Sari Simamora
Sabtu, 27 Februari 2021 - 16:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus Corona membuat semua orang harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Sebagian orang yang terinfeksi Covid-19 melaporkan adanya kerusakan hati atau hepatitis.

Mengutip dari Times of India, Sabtu (27/2/2021), laporan terbaru yakni orang yang terinfeksi virus corona mengungkapkan bahwa virus  tersebut telah menyebabkan kerusakan pada sel hati. Pengumpulan data sedang dilakukan, sebab kerusakan hati atau hepatitis bisa saja berasal dari infeksi Covid-19 atau obat-obatan yang digunakan untuk mengobatinya.

Kabar baiknya adalah kerusakan tersebut bersifat sementara dan hati kembali ke keadaan semula saat orang sembuh dari infeksi virus corona tanpa menyebabkan kerusakan permanen.

Sementara itu, orang-orang  dengan penyakit penyerta seperti diabetes, masalah jantung, dan penyakit ginjal kemungkinan memiliki risiko peningkatan keparahan penyakit dan kematian bila terinfeksi virus corona. Adapun penyakit hati yang umum seperti hati berlemak, tetapi tidak meningkatkan risiko infeksi Covid-19 yang parah.

Bagi orang-orang yang terinfeksi virus corona sangat disarankan untuk terus minum obat sesuai resep penyedia layanan kesehatan mereka kecuali disarankan oleh dokter.

Pada masa pandemi virus corona, khawatir untuk mengunjungi rumah sakit selalu ada, sebab risiko tertular infeksi sangat nyata. Namun akan sangat buruk jika menunda perawatan kesehatan. Selain itu, tidak mengunjungi rumah sakit tepat waktu dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari virus corona adalah dengan melakukan tindakan pencegahan yang sama seperti yang Anda lakukan saat pergi ke tempat lain dan tetaplah melakukan  protokol kesehatan:

- Tindakan pencegahan harus diambil untuk menjaga kesehatan hati Anda. Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Ingat, minum alkohol tidak melindungi Anda dari virus corona.

- Cuci sayuran dan buah-buahan untuk menghilangkan pestisida dan racun

- Cegah hepatitis A dan B dengan divaksinasi virus corona

- Saat bertemu dan berbincang dengan orang, tetaplah menggunakan masker. Hindari rumor bahwa orang yang tertular infeksi akan sembuh seiring waktu (hanya 1-2 persen yang meninggal). Kurangi penyebaran rumor dan misinformasi.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro