Vaksin Oxford dan AstraZeneca
Health

Kanada Tak Rekomendasikan Vaksin AstraZeneca untuk Lansia

Rezha Hadyan
Selasa, 2 Maret 2021 - 10:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanada akhirnya memutuskan untuk tidak merekomendasikan penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca kepada lansia berusia lebih dari 65 tahun.

Komite Penasihat Nasional Kanada untuk Imunisasi telah merilis pedoman baru yang di dalamnya tak merekomendasikan penggunaan vaksin AstraZeneca untuk orang berusia 65 tahun ke atas. Alasannya, informasi mengenai efektivitas vaksin tersebut masih kurang.

Selain mengacu pada hasil uji klinis dari regulator obat Health Canada, Komite Nasional Kanada untuk Imunisasi juga merujuk pada rekomendasi dari sejumlah negara, termasuk diantaranya Jerman.

Jerman sudah lebih awal tidak merekomendasikan penggunaan vaksin AstraZeneca untuk orang berusia lebih dari 65 tahun.

Dengan demikian, vaksin AstraZeneca yang penggunaannya diizinkan di Kanada sejak Jumat (26/2/2021) hanya akan diberikan kepada orang berusia 18-65 tahun.

Untuk rentang usia tersebut, Health Canada menyatakan bahwa tidak ada masalah keamanan dari vaksin AstraZeneca. Selain itu, efektivitasnya juga sudah terbukti.

Badan tersebut juga merujuk pada studi pendahuluan tentang program vaksinasi Skotlandia yang diterbitkan minggu lalu menunjukkan bahwa suntikan AstraZeneca sangat efektif dalam mencegah infeksi parah di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro