Aplikasi berbasis suara Clubhouse
Fashion

Clubhouse Umumkan Program Akselerator untuk Kreator, Bisa Monetisasi?

Syaiful Millah
Senin, 15 Maret 2021 - 09:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform aplikasi obrolan suara yang tengah naik daun, Clubhouse, mengumumkan program akselerasi bagi para kreator di platformnya.

Dilansir The Verge, Senin (15/2) CEO Clubhouse Paul Davidson mengumumkan program yang dinamai Clubhouse Creator First, yang akan membantu calon host dan kreator di dalam platform untuk membangun audiens mereka dan terhubung dengan merek.

Artinya, ada kemungkinan bahwa nantinya obrolan di Clubhouse akan bisa dimonetisasi. Diumumkan bahwa program akselerator ini akan menerima sekitar 20 kreator. Platform masih menerima pendaftar hingga 31 Maret mendatang.

“Kami meluncurkan program akselerator konten kreator pertama, Clubhouse Creator First. Kami ingin mendukung dan melengkapi 20 kreator dengan sumber daya yang mereka butuhkan untuk mewujudkan ide dan kreativitas. Detail dan aplikasinya ada disini http://creatorfirst.joinclubhouse.com,” tulis Clubhouse dalam Twitter.

Clubhouse merayakan hari jadinya yang pertama pada 17 Maret dan telah mengalami tahun perdananya dengan keberhasilan yang besar, terutama di kalangan komunitas perusahaan rintisan di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Keberhasilannya menggebrak pasar telah melahirkan beberapa aplikasi berbasis suara serupa lainnya dari pesaing yang lebih besar, termasuk Twitter Spaces yang diumumkan akhir tahun lalu. Aplikasi suara serupa juga tengah dikembangkan perusahaan Facebook untuk platform Instagram.

Davidson mengatakan bahwa Clubhouse sedang memulai tur dunianya dengan tuan rumah pertama di Italia. Dia menambahkan beberapa fitur dari usulan pengguna, termasuk berbagi tautan dan filter bahasa sedang disiapkan.

Aplikasi juga tidak memerlukan akses ke kontak telepon penggunanya lagi. Selain itu, pengguna dapat mengundang orang baru ke platform secara langsung menggunakan nomor telepon. Pengguna nantinya dapat menghubungi perusahaan untuk menghapus kontak yang dipakai sebelumnya.

Meskipun saat ini aplikasi Clubhouse masih menggunakan undangan terbatas bagi para penggunanya dan masih belum tersedia di perangkat Android – hanya tersedia di Apple Store – nilai perusahaan selama putaran pendanaan baru-baru ini diperkirakan mencapai US$1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro