Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo (kiri) didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan meresmikan Rumah Sakit Covid-19 RSUD Dr (HC) Ir Soekarno di Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (18/3/2021). /ANTARA
Health

Resmi! Bangka Belitung Punya Rumah Sakit Khusus Covid-19

Fatkhul Maskur
Kamis, 18 Maret 2021 - 17:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo meresmikan rumah sakit khusus untuk penanganan kasus Covid-19 RSUD Dr (HC) Ir Soekarno di Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (18/3/2021).

"Rumah sakit ini diharapkan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terpapar COVID-19," kata Doni, yang meresmikan rumah sakit bersama Bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan, rumah sakit seluas 1,05 hektare tersebut dibangun selama 45 hari menggunakan dana siap pakai BNPB.

Pembangunan rumah sakit dengan 100 tempat tidur pasien itu melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga serta badan usaha milik negara. "Ini kolaborasi dan sudah menjadi program nasional di mana penanganan kedaruratan itu tidak bisa berdiri sendiri," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengawasi seluruh proses pembangunan rumah sakit.

"Kita harapkan seluruh proses ini berjalan dengan baik, setiap sen uang negara yang dikeluarkan harus bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, rumah sakit tersebut dibangun di lahan seluas lima hektare di kompleks RSUD Dr (HC) Ir Sukarno dari November sampai Desember 2020.

"Rumah sakit ini mulai beroperasi 21 Januari 2021, sekarang sudah ada pasien 10 orang alih rawat dari Wisma Karantina BKPSDMD Babel dan Asrama Haji Karantina Babel," katanya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu
#pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro