Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumsi Obat dengan Air Hangat Percepat Reaksi dan Efektivitas

Hal ini berdampak pada kecepatan yang lebih baik ketika tubuh menyerap obat serta membantu membuat tubuh lebih cepat membaik.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  16:18 WIB
Ilustrasi - Safebee
Ilustrasi - Safebee

Bisnis.com, JAKARTA — Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal Pharmaceutical Research menunjukkan bahwa konsumsi obat pilek dan demam bersama air hangat dapat meningkatkan efektivitas obat di dalam tubuh.

Melansir dari Times of India, Jumat (18/03), hal ini berdampak pada kecepatan yang lebih baik ketika tubuh menyerap obat serta membantu membuat tubuh lebih cepat membaik. 

Menurut para ahli dalam studi tersebut, air panas dapat membantu proses pengosongan lambung lebih cepat di mana makanan di dalam saluran pencernaan bisa bergerak lebih cepat ke usus kecil. Sistem ini juga bekerja dengan obat yang membuat kandungan di dalamnya lebih cepat masuk ke pembuluh darah.

Secara spesifik, para ahli juga menyebut bahwa obat parasetamol (obat penurun demam dan pereda nyeri) lebih mudah larut di dalam air hangat dibanding di air dingin.

Untuk hasil terbaik, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi obat dengan minuman lain seperti susu, minuman berkafein, dan jus karena akan memberikan efek samping negatif bagi tubuh serta menghindari konsumsi obat tanpa cairan karena akan menyebabkan tingginya risiko tersedak, iritasi, dan inflamasi pada esofagus. 

Efek jangka panjangnya bisa berdampak pada munculnya maag, rasa sakit pada jantung serta  pendarahan dan lubang pada organ tubuh tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air minum obat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top