Ilustrasi/Safebee
Health

Konsumsi Obat dengan Air Hangat Percepat Reaksi dan Efektivitas

Laurensia Felise
Jumat, 19 Maret 2021 - 16:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal Pharmaceutical Research menunjukkan bahwa konsumsi obat pilek dan demam bersama air hangat dapat meningkatkan efektivitas obat di dalam tubuh.

Melansir dari Times of India, Jumat (18/03), hal ini berdampak pada kecepatan yang lebih baik ketika tubuh menyerap obat serta membantu membuat tubuh lebih cepat membaik. 

Menurut para ahli dalam studi tersebut, air panas dapat membantu proses pengosongan lambung lebih cepat di mana makanan di dalam saluran pencernaan bisa bergerak lebih cepat ke usus kecil. Sistem ini juga bekerja dengan obat yang membuat kandungan di dalamnya lebih cepat masuk ke pembuluh darah.

Secara spesifik, para ahli juga menyebut bahwa obat parasetamol (obat penurun demam dan pereda nyeri) lebih mudah larut di dalam air hangat dibanding di air dingin.

Untuk hasil terbaik, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi obat dengan minuman lain seperti susu, minuman berkafein, dan jus karena akan memberikan efek samping negatif bagi tubuh serta menghindari konsumsi obat tanpa cairan karena akan menyebabkan tingginya risiko tersedak, iritasi, dan inflamasi pada esofagus. 

Efek jangka panjangnya bisa berdampak pada munculnya maag, rasa sakit pada jantung serta  pendarahan dan lubang pada organ tubuh tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro