Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tip Membuat Hunian Lebih Nyaman sekaligus Instagramable

Untuk memiliki hunian yang nyaman sekaligus menarik dari sisi interior, ada kaidah desain yang perlu dipahami terlebih dahulu oleh para pemilik rumah, yakni sisi fungsional dari setiap furniture maupun aksesoris dekorasi ruangan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 22 Maret 2021  |  13:52 WIB
Hal lain yang tak boleh terlupakan dalam mendesain rumah adalah detail dekorasi dan aksesoris interior yang telah menjadi salah satu unsur terpenting dalam penataan ruangan.  - Agamriadi.com
Hal lain yang tak boleh terlupakan dalam mendesain rumah adalah detail dekorasi dan aksesoris interior yang telah menjadi salah satu unsur terpenting dalam penataan ruangan. - Agamriadi.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Untuk memiliki hunian yang nyaman sekaligus menarik dari sisi interior, ada kaidah desain yang perlu dipahami terlebih dahulu oleh para pemilik rumah, yakni sisi fungsional dari setiap furniture maupun aksesoris dekorasi ruangan.

Desainer Interior Agam Riadi mengatakan bahwa dalam kaidah desain harus ada kesesuaian fungsi dan proporsi yang tepat antara ruangan dan furnitur yang digunakan, jangan sampai terlalu berlebihan.

Misalnya saja, ukuran ruang tamunya terbilang kecil tetapi menggunakan sofa ukir yang berukuran besar. Memang secara penampilan furniturnya menarik dan mewah tetapi tidak tepat sehingga akan terkesan memaksa dan membuat ruangan justru menjadi terlihat semakin sempit.

Setelah memahami kaidah desain tersebut, pemilik rumah harus menentukan konsep desain arsitektur yang akan diaplikasikan apakah menggunakan style modern, minimalis, etnik klasik, urban atau tropikal, atau skandinavia.

“Desain arsitektur rumah biasanya dibuat sesuai dengan identitas karakter dari pemiliknya,” tuturnya.

Ketika sudah mengetahui konsep desain rumah, barulah mulai masuk ke detail pemilihan komposisi warna, furnitur, aksesoris dekorasi, dan lain sebagainya. Tentu saja detail tersebut harus disesuaikan dengan konsep desain rumah yang dipilih.

Misalnya, sang penghuni memilih menggunakan style American Classic, sehingga pemilihan warnanya lebih dominan warna-warna lembut seperti putih dan krem, gaya penataan, dan detailnya semua harus disesuaikan dengan gaya American Classic. Begitu pula furniturenya memiliki ciri berukir dan berukuran besar sehingga meninggalkan kesan classic nan elegan.

Namun, jika konsep yang dipilih adalah hunian tropikal dengan desain modern minimalis maka furiture yang dipilih lebih simpel dengan dominasi warna-warna yang hangat. Material yang digunakan juga lebih banyak mengandung unsur alam, seperti bebatuan atau kayu yang berbau natural dengan ornamen bambu.

Pemilihan warna dinding dan furnitur cenderung lebih netral dan hangat, bisa juga bermain dengan warna coklat, hijau, biru laut, maupun putih. Untuk menambah kesan sejuk dan menenangkan, rumah juga diberi tambahan akses tanaman di dalam ruangan. Dengan bentuk ruangan yang lebih terbuka.

“Mendesain rumah itu seperti melukis saja. Setelah ada kanvasnya lalu kita tentukan mau menggambar apa. Setelah itu lukis bagian-bagian yang ingin dilukis tambah detail dan warnanya sehingga menjadi gambar yang menarik,” tuturnya.

Hal lain yang tak boleh terlupakan dalam mendesain rumah adalah detail dekorasi dan aksesoris interior yang telah menjadi salah satu unsur terpenting dalam penataan ruangan sehingga membuat nuansa hunian kita akan berbeda dibandingkan dengan hunian lainnya. Dan membuatnya lebih menarik saat difoto atau memiliki kesan instagramable.

Terlebih detail aksesoris dan dekorasi tersebut biasanya dipilih berdasarkan kesukaan atau karakter dari masing-masing pemilik rumah. 
Beberapa detail yang bisa diletakkan di dalam desain interior rumah antara lain lukisan, pernak pernik, tanaman, sarung bantal, karpet, cermin, pajangan, figura foto, dan lain sebagainya.

Misalnya, jika sofa yang dipilih berwarna polos maka cari sarung bantal yang ada lukisannya sehingga akan memberi sedikit kontras yang membuatnya lebih hidup dan saat difoto di kamera secara penampilan lebih bagus.

“Ketika sudah ada konsep yang jelas, lalu sudah ditata dengan baik, dan ada furniture tetapi tanpa aksesoris itu masih kayak jomplang sehingga harus ada aksesoris sebagai aksen atau detail interior. Dengan demikian rumah akan lebih nyaman ditempati karena secara proporsi sudah pas dan secara desain juga menarik serta bisa dijadikan sebagai spot foto atau istilahnya instagramable,” terangnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

residensial Desain Interior
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top