Layanan Medis Darurat Praha berjalan saat mereka mengangkut pasien dengan truk ambulans khusus dari rumah sakit yang meluap selama wabah virus corona (Covid-19) di Ceska Lipa, Republik Ceko, Kamis (18/3/2021). /Antara-REUTERS
Health

Praha Sewa Hotel Mewah Buat Tunawisma Penderita Covid-19

Fatkhul Maskur
Selasa, 23 Maret 2021 - 15:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Praha menyewa sebuah hotel mewah, di mana para tunawisma yang terinfeksi Covid-19 dapat sembuh dan mereka yang melakukan kontak dengan pengidap Covid dapat diisolasi.

Ludmila Tomesova, Wakil Direktur Pusat Layanan Sosial (CSSP) Praha, mengatakan mereka yang ditempatkan di hotel mendapatkan makan tiga kali sehari, perhatian medis secara penuh, televisi serta fasilitas lainnya agar pulih.

"Jadi, hotel memiliki tamu, bahkan jika mereka bukan standar komersial, dan [hotel] penuh setiap saat," katanya kepada Reuters yang dilansir Antara. Tomesova mengatakan hal itu di hotel bintang lima di Praha, yang dihuni sekitar 250 orang sejak November.

Republik Ceko menjadi salah satu negara yang paling terpukul di dunia selama gelombang pandemi baru-baru ini. Kematian Covid-19 di negara berpenduduk 10,7 juta itu hampir mencapai 25.000 jiwa.

Menurut laman Our World in Data, tingkat infeksi per kapita Ceko merupakan yang tertinggi ketiga di dunia pekan lalu.

Tomesova menuturkan Praha, yang memiliki sekitar 4.500 tunawisma, sedang berupaya untuk membantu orang-orang mendapatkan tempat berlindung dan akses layanan lainnya begitu mereka dinyatakan negatif dan meninggalkan hotel.

Bagi sejumlah tamu, menginap di hotel merupakan kemewahan yang langka. "Seumur hidup saya, baru kali ini saya berada di hotel semewah ini," kata Josef Jirsa, saat sembuh dari penyakit Covid-19 ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro