Anak sehat. Kebutuhan mikronutrien yang cukup dapat membantu pembentukan sistem imunitas anak dan menjaga anak tetap dalam kondisi sehat.  /Unicef
Health

Tidak Ingin Anak Terserang Flu, Lakukan 5 Langkah Ini

Yudi Supriyanto
Selasa, 23 Maret 2021 - 20:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak memiliki kekebalan tubuh yang belum sempurna dan mengenal jutaan variabel penyebab seperti bakteri, kuman, dan virus sehingga memiliki kecenderungan terjangkit flu lebih sering dari orang dewasa.

Dokter Carlinda Nekawaty, Medical Expert Combhipar, mengungkapkan anak-anak memiliki kecenderungan terjangkit flu hingga tiga kali lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa. Meskipun demikian, tubuh anak akan secara alami beradaptasi seiring dengan tumbuh kembang.

"Namun, dibutuhkan pula langkah-langkah khusus yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus menjaganya dari penyakit," katanya, Selasa (23/3/2021).

Dia menuturkan para ibu dapat menerapkan 5 langkah untuk menjaga agar anak terhindar dari serangan penyakit, terutama ketika terjadi perubahan cuaca secara ekstrem.

1. Menjaga Kesehatan

Sumber penyakit seperti virus penyebab flu dan diare dapat muncul dari kotoran yang menempel di tubuh anak maupun lingkungan sekitar.

Jadi, biasakan anak untuk menjaga kebersihan diri seperti mandi secara rutin, menggunting kuku, dan mencuci tangan karena langkah-langkah ini cukup efektif. Selain itu, ibu juga jangan lupa menjaga kebersihan rumah dari debu dan kelembaban.

2. Mengajak anak rutin berolahraga

Aktivitas fisik yang tinggi pada anak memberikan efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Jadi, jangan lupa untuk mengajak anak secara rutin berolahraga. Berolahraga bersama anak, selain bermanfaat pada anak, juga bermanfaat lebih terhadap kesehatan orang tua.

3. Memastikan anak tidur dengan cukup

Jam tidur anak dapat mempengaruhi metabolisme. Jadi, anak usia 3 hingga 6 tahun perlu cukup tidur sebanyak 11-13 jam dan anak usia 6 hingga 12 tahun perlu tidur selama 10 jam.

4. Hindari anak dari orang lain yang sedang sakit

Virus dan bakteri mudah menular dari orang terdekat sekali pun, salah satunya melalui air liur. Tetesan lendir yang dikeluarkan melalui bersin atau batuk dapat dengan mudah menginfeksi orang lain dalam jarak dekat, terutama jika berbagi makanan dan minuman.

5. Penuhi kebutuhan mikronutrien

Kebutuhan mikronutrien yang cukup dapat membantu pembentukan sistem imunitas anak dan menjaga anak tetap dalam kondisi sehat. Seng, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B kompleks merupakan nutrien yang memainkan peranan penting pada daya tahan tubuh anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro