Sosis, makanan dari daging olahan./Istimewa
Health

Awas, Kebanyakan Makan Daging Olahan Picu Risiko Demensia

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 24 Maret 2021 - 07:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Sebuah tim peneliti telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 25 gram porsi daging olahan sehari dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko 44 persen terkena demensia, sementara daging yang tidak diolah dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih kecil.

Temuan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi beberapa daging merah yang tidak diolah, seperti daging sapi, babi atau sapi muda, 50 gram sehari, 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia.

"Di seluruh dunia, prevalensi demensia meningkat dan pola makan sebagai faktor yang dapat dimodifikasi dapat berperan. Penelitian kami menambah bukti yang menghubungkan konsumsi daging olahan, dengan peningkatan risiko berbagai penyakit yang tidak dapat ditularkan," kata ketua peneliti. Huifeng Zhang dari University of Leeds di AS dilansir dari Times of India.

Ada sekitar 50 juta kasus demensia di seluruh dunia, dengan sekitar 10 juta kasus baru didiagnosis setiap tahun. Perkembangan dan perkembangannya terkait dengan faktor genetik dan lingkungan, termasuk pola makan dan gaya hidup.

Untuk penelitian tersebut, tim mempelajari database yang berisi informasi genetik dan kesehatan mendalam dari setengah juta peserta Inggris berusia 40 hingga 69 tahun.

Data tersebut mencakup seberapa sering peserta mengonsumsi berbagai jenis daging, dengan enam pilihan dari tidak pernah menjadi satu kali atau lebih setiap hari, dikumpulkan pada 2006-2010 oleh UK Biobank.

Di antara peserta, 2.896 kasus demensia muncul selama rata-rata delapan tahun masa tindak lanjut. Orang-orang ini umumnya lebih tua, lebih miskin secara ekonomi, kurang berpendidikan, lebih cenderung merokok, kurang aktif secara fisik, lebih mungkin memiliki riwayat stroke dan riwayat demensia keluarga, dan lebih mungkin menjadi pembawa gen yang sangat terkait dengan demensia.

Lebih banyak pria daripada wanita yang didiagnosis dengan demensia dalam populasi penelitian.

Beberapa orang tiga hingga enam kali lebih mungkin mengembangkan demensia karena faktor genetik yang mapan, tetapi temuan menunjukkan risiko dari makan daging olahan tetap sama terlepas apakah seseorang secara genetik cenderung untuk mengembangkan penyakit tersebut atau tidak.

Mereka yang mengonsumsi daging olahan dalam jumlah yang lebih tinggi cenderung berjenis kelamin laki-laki, berpendidikan rendah, perokok, kelebihan berat badan atau obesitas, memiliki asupan sayur dan buah yang lebih rendah, dan memiliki asupan energi, protein, dan lemak yang lebih tinggi (termasuk lemak jenuh).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro