Kemasan vaksin Covid-19 diperlihatkan di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV) PT Bio Farma (Persero), Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). Bisnis/Rachman
Health

Apakah Minum Alkohol Bisa Merusak Manfaat Vaksin Covid-19?

Novita Sari Simamora
Rabu, 24 Maret 2021 - 09:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat program vaksin virus corona (Covid-19) berlangsung, masyarakat bertanya apa saja pantangan makanan dan minuman usai divaksin.

Mengapa? Ini berkaitan dengan pembentukan antibodi vaksin virus corona yang sangat penting. Bagaimana zat tertentu dapat mengacaukan perkembangan respons imun yang kuat?

Maklum, banyak orang yang bertanya-tanya apakah aman atau tidak untuk minum alkohol setelah vaksinasi, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman keras dapat memengaruhi sistem kekebalan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Hingga saat ini, tidak ada rekomendasi resmi dari pemerintah, tetapi para ahli yang kami ajak bicara mengatakan itu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, dalam alasannya. Namun, penelitian pada vaksin tidak mengharuskan peserta uji coba untuk menghindari alkohol.

“Tidak ada bukti bahwa alkohol mengurangi pembentukan antibodi vaksin virus corona,” kata Richard Watkins, seorang dokter penyakit menular dan profesor penyakit dalam di Northeast Ohio Medical University, Rabu (24/8/2021).

Richard merekomendasikan untuk memperhatikan asupan alkohol pada hari-hari setelah divaksinasi karena alasan yang berbeda. Beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti flu seperti demam, menggigil, kelelahan, dan sakit kepala dan pusing.

Dia menjelaskan bahwa CDC mendorong orang-orang yang telah divaksinasi untuk menyampaikan gejala setelah  divaksin dan mungkin saja gejala yang muncul kepada pusing, seperti sedang mabuk.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro