Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

15 Fakta Kentang Goreng McDonald’s yang Jarang Diketahui

Kentang adalah makanan hasil bumi. Namun, para vegetarian tidak disarankan memesan kentang goreng.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  12:53 WIB
Kentang goreng McDonald's
Kentang goreng McDonald's

Bisnis.com, JAKARTA - Kentang goreng McDonald merupakan salah satu menu andalan dari restoran tersebut. Sebenarnya kentang goreng McDonald's telah mengalami proses panjang dalam pembuatannya.

Rasa yang renyah dan kadar garam kentang goreng yang sempurna, menjadikannya pilihan popular ketika kita akan memesan makanan di restoran ini. Mengutip dari eatthis.com, berikut 15 fakta tentang kentang goreng yang jarang diketahui:

1. Kentang goreng jadi menu paling populer

HowStuffWorks melaporkan, kentang goreng menjadi makanan paling populer ketimbang makanan lainnya seperti Big Mac. Karena kentang goreng cocok menjadi makanan pendamping atau hanya sekedar camilan ringan biasa.

2. Kita bisa memesan kentang goreng segar

Seorang karyawan McDonalds pernah menyarankan untuk memesan kentang goreng segar daripada kentang goreng tanpa garam, seperti yang ditulis oleh Business Insider. Namun hal ini bisa membuat staff mengalami kesulitan karena harus menyiapkan olahan yang baru ketimbang dengan pesanan yang banyak. Jika anda ingin mencoba, tentu ini bisa menjadi suatu pengalaman yang mengesankan.

3. Tidak dianjurkan untuk seseorang vegetarian

Meskipun kentang adalah sebuah sayuran, para vegetarian tetap tidak akan pernah memesan kentang goreng. Karena tercantum ‘rasa daging sapi alami’ dalam deskripsi bahan pembuatannya, hal ini yang mendasari para vegetarian menghindari makanan ini.

4. Dibentuk agar lebih mudah digoreng

Dalam sebuah video dari McDonalds di Kanada, staff perusahaan menjelaskan bagaimana kentang dikemas sebelum nantinya disajikan. Setelah kentang dicuci dan dikupas, kemudian dipotong dengan memanjang dengan menggunakan mesin dan dibekukan sebelum dikirim ke berbagai restoran.

kentang goreng mcdonald

5. Terdapat kandungan bahan kimia

Dalam video yang sama, kentang dimasukkan melalui Blancher untuk menghilangkan gula dari kentang. Kentang juga diolah dengan larutan dekstrosa untuk mencegah kentang yang sudah digoreng memutih.

6. Mengalami dua kali proses menggoreng

Sebelum kentang dibekukan, kentang digoreng terlebih dahulu selama 45 sampai 60 detik. Kemudian kentang yang sudah dibekukan dikirim ke restoran untuk nanti digoreng Kembali sebelum disajikan.

7. McDonalds pernah mengubah resepnya pada tahun 1992

Sebelum tahun 1992, awalnya kentang goreng ini dibuat dengan menggunakan lemak sapi. Karena alasan tertentu, kemudian diubah dengan menggunakan minyak nabati untuk menghilangkan lemak jenuh pada lemak sapi.

8. Menjadi salah satu menu asli yang bertahan sampai sekarang

Pada awal berdiri, kentang goreng sudah termasuk kedalam menu restoran sejak tahun 1940an.

9. Memiliki banyak bahan pembuatan

Bahan pembuatan yang berbeda dari saat kita akan membuat kentang goreng sendiri dirumah ialah bahan-bahan kimia seperti pengawet dan pewarna yang ditambahkan. Mereka juga menambahkan asam natrium pirofosfat saat hendak memasak.

10. Makan enam kentang goreng untuk keseimbangan nutrisi dalam tubuh

Dalam laporan New York Times, seorang profesor Harvard, Eric Rimm menyarankan untuk memakan kentang goreng dengan jumlah sedikit dan ditambahkan dengan sayuran hijau. “saya pikir akan lebih baik jika makan 6 kentang goreng dengan salad sayuran.” Kata Rimm kepada NYTimes.

mcdonald kentang goreng

11. Ada 4 jenis kentang dalam satu porsi

McDonalds mencatat dalam situsnya, mereka menggunakan empat jenis kentang umum seperti Russet Burbank, Russet Ranger, Umatilla Russet, dan Kentang Shepody.

12. McDonalds tidak akan menjual kentang goreng dengan bentuk keriting

Mereka para penikmat kentang goreng McDonalds tidak akan pernah menemui kentang goreng keriting di berbagai cabang restoran.

13. Memiliki varian rasa yang berbeda di tiap negara

Restoran yang ada di Inggris dibuat dengan sedikit bahan kimia daripada yang ada di Amerika. Hal ini juga menjadi pembeda karena tidak terdapat ‘rasa daging sapi alami’ dalam deskripsi kentang di Inggris.

14. McDonalds menolak menggunakan kentang transgenik

Pada tahun 2014, McDonalds mengumumkan bahwa mereka tidak akan menggunakan kentang transgenik dan tidak akan ada kreasi baru pada kentang gorengnya. Meskipun menurut NYTimes, kentang transgenik dijamin 90 persen keamanannya oleh ilmuwan.

15. McDonalds membeli sekitar 3,4 miliar pon kentang setiap tahunnya

Tidak heran bahwa kentang menjadi salah satu makanan yang digemari semua kalangan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kentang mcdonald McDonalds
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top