Alpukat/boldsky.com
Health

Perut Kosong, Hindari Konsumsi Makanan Berikut Ini

Newswire
Sabtu, 27 Maret 2021 - 08:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat terasa sangat lapar, ada kecenderungan untuk makan yang berlebihan tanpa memikirkan efek sampingnya pada perut.

Makan terlalu sedikit atau melewatkan waktu makan bisa membuat kita makan berlebihan. Banyak juga yang akhirnya mengkonsumsi makanan atau camilan berkalori tinggi yang kemudian menyebabkan muntah, mual, diare dan dalam beberapa kasus mengalami keracunan makanan.

Hal itu disebabkan karena saluran gastrointestinal (GI) Anda bisa menjadi lebih sensitif terhadap jenis makanan tertentu jika kosong terlalu lama.

Berikut ini adalah daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut dalam keadaan sangat lapar, dilansir Boldsky, Sabtu.

1. Alpulkat

Sarat dengan berbagai nutrisi, alpukat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatur gula darah, melindungi mata, meningkatkan kesuburan, meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kesehatan pencernaan dan dapat membantu mencegah timbulnya osteoartritis.

Akan tetapi makan alpukat dengan perut kosong, terutama saat Anda belum pernah makan sebelumnya, tidaklah baik. Kandungan lemak dalam alpukat dicerna dengan sangat lambat dan dapat memicu refluks pada beberapa orang.

2. Sayuran mentah

Sayuran secara alami bermanfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Meski begitu, sayuran mentah saat perut kosong adalah sesuatu yang harus dihindari. Mereka dapat membuat Anda merasa terlalu kenyang dan bahkan dapat menyebabkan penurunan gula darah di kemudian hari. Sayuran berserat bisa menjadi sulit dicerna dan bisa menyebabkan gas serta kembung.

3. Buah (porsi besar)

Meskipun makan satu pisang atau apel mungkin baik-baik saja saat perut kosong, namun makan porsi besar buah akan menyebabkan glukosa darah Anda naik tiba-tiba dan kemudian membuat merasa lelah dan lapar lagi dalam 30-60 menit. Keasaman dalam buah-buahan juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

4. Energi bar

Energi bar dapat memberikan energi tetapi tidak saat Anda memakannya dalam keadaan perut kosong. Energi bar bisa menjadi berat saat perut kosong, yang menyebabkan gas dan ketidaknyamanan saat tubuh Anda mencoba mencerna makanan.

5. Protein shakes

Kebanyakan protein shake mengandung whey yang bila dikonsumsi saat perut kosong dapat menyebabkan efek samping seperti kembung, kram, dan diare.

6. Daging merah

Daging merah kaya akan protein, artinya butuh banyak waktu bagi tubuh kita untuk mencernanya. Makan daging merah saat perut kosong akan menyebabkan tubuh Anda bekerja ekstra (memecah protein), mengakibatkan perut tertekan, serta perasaan kenyang yang berlebihan.

7. Kopi

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat menyebabkan tubuh Anda melepaskan asam klorida ke dalam sistem pencernaan, meningkatkan keasaman dan mengakibatkan masalah pencernaan.

8. Keripik

Baik itu dipanggang atau digoreng, garam dalam keripik tidak baik untuk pencernaan apalagi jika perut kosong dalam keadaan lama.

9. Permen karet

Ada kesalahpahaman umum bahwa mengunyah permen karet dapat membuat merasa kenyang atau membantu Anda mengalihkan pikiran dari makanan. Mengunyah permen karet saat perut kosong akan menyebabkan produksi cairan lambung dan menyebabkan sakit perut dan mual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro