Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mudah Tidur Nyenyak dengan Cepat

Banyak orang sulit tidur atau insomnia, walaupun mereka sudah berjuang keras mencobanya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Maret 2021  |  15:18 WIB
Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda, tetapi rata-rata kita membutuhkan sekitar delapan jam tidur setiap malam agar tubuh berfungsi dengan baik.

Apa yang Anda lakukan saat jam terus berdetak, tetapi Anda tidak bisa tertidur? 

Banyak orang sulit tidur atau insomnia, walaupun mereka sudah berjuang keras mencobanya.

Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa membantu Anda tidur dengan cepat hanya dalam waktu kurang dari 1 jam seperti dilansir dari Express berikut ini : 

1. Teh kamomil

Solusi cepat jika Anda kesulitan tidur adalah secangkir teh kamomil.

Para ahli berkata chamomile dikenal dengan efek menenangkan secara alami, meningkatkan efisiensi tidur Anda dalam dua minggu.

“Ini mengandung antioksidan yang disebut apigenin, yang biasa digunakan untuk mengobati insomnia. Jika Anda merasa sulit untuk tetap tidur, cobalah membeli teh camomile," tulis mereka.

2. Bola lampu merah

Jika Anda tidak bisa melepaskan ponsel di tempat tidur, Anda perlu menyalakan bola lampu merah untuk menghilangkan efeknya.

Pakar Mattress Online mengatakan: paparan cahaya biru dari ponsel atau tablet Anda terkenal dapat mengganggu tidur, tetapi tahukah Anda bahwa ada warna terang yang dapat memperbaikinya?

“Lampu merah dapat merangsang produksi melatonin, hormon alami yang membantu Anda tidur. Penelitian menunjukkan bahwa hanya 30 menit terpapar sinar merah dapat meningkatkan kualitas tidur," tulis mereka.

3. Masker mata

Segera setelah Anda siap tidur, kenakan penutup mata untuk memblokir apa pun yang mengganggu Anda.

Para ahli menjelaskan: “Menghalangi cahaya dengan masker mata adalah cara yang mudah dan efektif untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Ini bisa bekerja secepat semalam. Masker mata juga merupakan obat tidur yang murah," tambah mereka.

4. Meditasi

Meditasi sangat sulit tanpa panduan, jadi unduh aplikasi untuk mengantarkan Anda tertidur dalam hitungan menit.

Para ahli menjelaskan: “Meditasi adalah salah satu solusi tidur tercepat, dengan penelitian yang menunjukkan hanya 20 menit sehari dapat memperbaiki gejala kelelahan dan insomnia. Cobalah aplikasi meditasi untuk bersantai sebelum tidur.

5. Membaca

Membaca adalah gangguan besar dari tekanan kehidupan sehari-hari, tetapi jangan membaca film thriller di perangkat elektronik sebelum tidur!

Para ahli di Mattress Online mengatakan: “Membaca buku yang menenangkan sebelum tidur bisa menjadi cara tercepat untuk tidur. Hanya perlu enam menit membaca untuk mengurangi stres dan merilekskan tubuh Anda. Anda dapat memilih genre apa pun yang Anda suka.

Studi Harvard Medical School menjelaskan bahwa cahaya yang dipancarkan dari eBook dapat membuat Anda lebih sulit tidur dan membuat peserta lebih lelah keesokan paginya."

6. Lilin

Kelap-kelip nyala lilin memang sangat menenangkan, tetapi wangi itulah yang membantu Anda tidur.

Pakar Mattress Online menyarankan menyalakan lilin lavender sebelum Anda tidur untuk membantu Anda tertidur lebih cepat dan merasa lebih segar serta waspada keesokan harinya.

Mereka berkata: Menghirup lavender dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dalam dua minggu.

7. Tirai anti tembus pandang

Tidak ada yang lebih buruk dari lampu depan, lampu jalan, atau pencahayaan alami yang membangunkan Anda dari tidur nyenyak.

Para ahli mengatakan: “Jika Anda ingin memperbaiki pola tidur Anda, penelitian menyarankan bahwa Anda harus menggunakan tirai anti tembus pandang.  Tirai anti tembus pandang dapat berdampak signifikan pada jadwal tidur-bangun kita, yang berkaitan dengan jam kita tidur dalam periode 24 jam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips tidur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top