Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips agar Tubuh Tetap Sehat saat Puasa Ramadhan

Berikut 5 tips agar tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. 
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  14:05 WIB
Ilustrasi puasa saat bulan Ramadhan  -  Istimewa
Ilustrasi puasa saat bulan Ramadhan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA  – Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Untuk bisa menjalankan ibadah puasa selama 30 hari, umat Islam harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh. 

Namun, masih banyak dari masyarakat justru bermalas-masalahan karena merasa harus menahan haus dan lapar. 

Perilaku tersebut justru akan berdampak negatif terhadap tubuh. Pasalnya, akan banyak penyakit yang akan singgah jika kita tak bisa menahan diri ketika bulan Ramadhan tiba.

Berikut 5 tips agar tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. 

1. Konsumsi Air Putih 

Sesuai dengan anjuran pakar, minum air putih 8 gelas sehari dapat menjadikan tubuh tidak kekurangan ion yang ada didalamnya. Meskipun sedangan berpuasa, pakar kesehatan menganjurkanuntuk meminum 8 gelas setiap harinya. Hal ini dapat dibagi menjadi 2 gelas setelah berbuka, 2 gelas setelah salat Isya, 2 gelas setelah tarawih atau sebelum tidur dan 2 gelas pada waktu sahur.

2. Olahraga Ringan

Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, Anda sebaiknya jangan berdiam diri. Atur waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Jika olahraga seperti bersepeda atau berlari dirasa berat, cobalah untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki atau sekadar senam untuk melenturkan otot yang kaku.

3. Hindari Makan Berlebihan

Ketika kita menjalankan ibadah puasa, tubuh akan kekurangan banyak sekali nutrisi yang ada dan membuat rasa perut kosong dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut terkadang menjadi salah kaprah oleh masyarakat. Banyak orang seakan melakukan "balas dendam" dengan makan berlebihan ketika berbuka puasa. Makanlah secukupnya sesuai kebutuhan kalori harian. 

4. Berbuka dengan yang Manis

Kalimat "berbukalah dengan yang manis" alah satu poin penting dalam menjalankan ibadah puasa. Kadar gula yang turun selama pagi hingga sore hari bisa segera dinaikan kudapan manis. Meski demikian, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Pilihkan buah-buahan dan kurma sebagai pengganti makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi. 

5. Hindari Rokok

Bagi sebagian orang, merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sulit untuk dihindari. Bagi para perokok, Anda bisa menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk mengurangi bahkan mengindari kebiasaan merokok. Mulai dengan mengurangi konsumsi rokok per hari ketika awal Ramadhan. Setelah itu, Anda bisa menurunkan konsumsi rokok hingga akhirnya berhenti merokok ketika Hari Raya IdulFitri. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ramadhan Puasa tips sehat
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top