Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatikan 6 Kebiasaan Hidup Sehat untuk Cegah Tuberkolosis

Tuberkolosis merupakan salah satu penyakit paru-paru yang perlu diperhatikan selain virus corona. Berdasarkan Data Global TB Report 2020, setidaknya kasus tuberkolosis di Indonesia mencapai lebih dari 560.000 kasus.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  13:35 WIB
Ilustrasi batuk. Dengan mengetahui suatu penyakit lebih awal, tindakan pengobatan juga bisa dilakukan lebih cepat dan lebih ringan.  - istimewa
Ilustrasi batuk. Dengan mengetahui suatu penyakit lebih awal, tindakan pengobatan juga bisa dilakukan lebih cepat dan lebih ringan. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tuberkolosis merupakan salah satu penyakit paru-paru yang perlu diperhatikan selain virus corona. Berdasarkan Data Global TB Report 2020, setidaknya kasus tuberkolosis di Indonesia mencapai lebih dari 560.000 kasus.

Agar terhindari dari penyakit ini, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Melansir dari rilis resmi yang diterima Bisnis, Senin (29/03), berikut beberapa tips untuk menciptakan kebiasaan sehat menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1. Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang rutin bisa meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan selain berolahraga, yaitu dengan melakukan aktivitas sehari-hari yang menggerakkan berbagai anggota tubuh seperti berjalan kaki dan membersihkan rumah.

Selain manfaatnya yang baik untuk fisik, olahraga dalam berbagai bentuk bisa membantu untuk mengurangi stres dan mengendalikan rasa cemas.

2. Mengonsumsi sayur dan buah

Konsumsi sayur dan buah sangat penting dalam menjaga metabolisme dalam tubuh karena kandungannya bisa membantu tubuh mencegah masuknya berbagai penyakit. Konsumsi sayur dan buah disarankan sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap individu, sehingga diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mengetahui jumlah konsumsi sayur dan buah yang tepat bagi tubuh.

3. Tidak merokok

Merokok merupakan salah satu aktivitas yang berisiko bagi tubuh, terutama bagi para perokok aktif maupun perokok pasif. Sebab, kandungan dalam rokok yang bersifat toksik bisa berisiko bagi sejumlah organ seperti paru-paru, ginjal, liver, hingga otak.

Tidak hanya berisiko bagi organ, rokok juga mampu meningkatkan risiko penyakit yang sudah ada dalam tubuh, terutama yang berkaitan dengan saluran pernafasan seperti tuberkolosis.

4. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan bisa meningkatkan risiko sejumlah penyakit, mulai dari hepatitis hingga tuberkolosis.

5. Menjaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang sehat juga mendukung kesehatan tubuh, sebab kebersihan lingkungan juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental seseorang, termasuk pada kualitas udara yang dihirup seseorang.

Selain itu, membersihkan lingkungan sekitar rumah juga membantu kesehatan fisik seseorang karena kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara untuk tetap aktif bergerak.

6. Lakukan cek kesehatan berkala

Cek kesehatan atau medical check up (MCU) merupakan salah satu langkah preventif yang direkomendasikan untuk mengetahui secara dini tentang penyakit yang diderita dan mencegah kemungkinan komplikasi atau keparahan untuk beberapa penyakit. Dengan mengetahui suatu penyakit lebih awal, tindakan pengobatan juga bisa dilakukan lebih cepat dan lebih ringan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tuberkulosis Batuk
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top