Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keren, Alumni UI Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Gara-gara Startup Ini

Para alumni Fasilkom UI tersebut membidani lahirnya Flip.id yang merupakan sebuah perusahaan rintisan (start-up) dengan layanan yang memungkinkan siapa saja untuk melakukan transfer antarbank tanpa harus membayar biaya administrasi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 April 2021  |  19:18 WIB
Alumni UI masuk Forbes
Alumni UI masuk Forbes

Bisnis.com, JAKARTA - Alumni Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) masuk ke dalam daftar “Forbes 30 Under 30 Indonesia” tahun 2021.

Para alumni Fasilkom UI tersebut membidani lahirnya Flip.id yang merupakan sebuah perusahaan rintisan (start-up) dengan layanan yang memungkinkan siapa saja untuk melakukan transfer antarbank tanpa harus membayar biaya administrasi.

Flip.id didirikan pada tahun 2015, dengan ide awal terciptanya layanan ini berasal dari keluhan akan adanya biaya administrasi transfer antarbank yang memberatkan secara pribadi, sehingga Rafi Putra Arriyan bersama dua sahabatnya mengubah keluhan tersebut menjadi sebuah ide dan solusi yang kemudian diberi nama Flip.id.

Rafi Putra Arriyan adalah alumni Ilmu Komputer, Angkatan 2011, merupakan Co-Founder dan Chief Executive Officer (CEO), Luqman Sungkar, alumni Ilmu Komputer, Angkatan 2011, Co-Founder dan Chief Technology Officer (CTO), serta Ginanjar Ibnu Solikhin, alumni Ilmu Komputer, Angkatan 2011, Co-Founder dan Chief Product Officer (CPO). Kesuksesan dalam membawa Flip.id menjadi layanan yang popular saat ini, membuat mereka berhasil masuk ke dalam daftar tokoh bisnis dan industri yang berumur di bawah 30 tahun.

Direktur Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni, Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D mengatakan kualitas outcome dari sistem pembelajaran di UI dibuktikan dari kiprah alumninya dalam menembus dunia kerja maupun menciptakan lapangan kerja.

"Keberhasilan ini juga cerminan dari tingginya kompetensi dan kemampuan kompetitif lulusan UI di tingkat dunia.” Selanjutnya Syafiq berharap bahwa sukses yang ditorehkan para alumni Fasilkom ini dapat memicu dan memacu lulusan UI lainnya untuk terus memberikan kontribusi terbaik serta manfaat yang lebih luas," ujarnya dikutip dari keterangan tertulisnya.

Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc. Pejabat Dekan Fasilkom UI mengatakan, Fasilkom UI sangat bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya para alumni yang berprestasi dan terus memberi manfaat kepada masyarakat Indonesia, serta mengharumkan nama almamater khususnya Fasilkom UI. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa kami yang masih menempuh pendidikan di kampus.

Hingga saat ini Flip.id telah memiliki lebih dari 3 juta pengguna dan memiliki dua layanan, yakni Flip Reguler, gratis biaya transfer antarbank dengan maksimal transaksi Rp 5 juta; dan layanan Big Flip, layanan transfer ke banyak rekening antarbank dengan sekali proses.

Besarnya kepercayaan pengguna terhadap Flip.id, menjadi semangat bagi mereka untuk terus berjuang hingga akhirnya berhasil mengembangkan layanan ini menjadi sebuah layanan berbasis mobile aplication yang telah mengantongi izin resmi Bank Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ui forbes flipboard
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top