Ilustrasi sesak napas
Health

Penyebab Mengapa Covid-19 Bikin Orang Sesak Napas

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 2 April 2021 - 03:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Virus SARS-COV-2 menyebabkan banyak implikasi fatal pada tubuh pasien covid-19.

Sesak napas mungkin salah satu konsekuensi paling berbahaya dan ditakuti dari tertular COVID.

Kesulitan bernapas, sesak napas, nyeri dada adalah tanda-tanda virus menyebar dengan cepat melalui saluran pernapasan.

Sesak napas sering juga merupakan tanda keparahan pasien COVID dan mungkin memerlukan bantuaan medis. Bagi beberapa orang, ini bisa ringan dan sembuh dengan sendirinya, di rumah. Meskipun demikian, ini bisa menjadi gejala yang sangat meresahkan dan tidak nyaman untuk dihadapi.

Sesak napas dapat berbeda dalam intensitas dan sensasi untuk pasien yang berbeda. Namun, apa yang dicatat kebanyakan orang adalah perasaan sesak atau terus-menerus terengah-engah setiap beberapa detik.

Dalam beberapa kasus, sesak napas juga dapat menyulitkan seseorang untuk mengambil napas dalam. Ini juga dapat berubah menjadi sensasi sesak atau nyeri yang tiba-tiba dan tidak nyaman saat seseorang mencoba menarik atau menghembuskan napas.

Meskipun napas Anda sering terengah-engah saat melakukan aktivitas yang berat secara fisik, sesak napas dapat menyerang Anda saat istirahat jika ada peradangan aktif yang disebabkan oleh virus.

Cara Anda mendapatkan gejala sangat bergantung pada cara virus mulai menginfeksi organ vital Anda. Sesak napas, misalnya, merupakan sensasi yang dirasakan jika terjadi peradangan dan gangguan pada fungsi paru-paru.

Karena virus penyebab COVID menyerang jaringan dan lapisan paru-paru, virus juga menyebar dengan cepat dan merusak saluran udara. Sistem kekebalan tubuh akibat serangan virus juga melepaskan sel-sel yang menyebar bersamaan dengan peradangan, sehingga menyulitkan Anda untuk bernapas.

Sesak napas juga dapat mengganggu fungsi paru-paru dalam mengangkut nutrisi penting, cairan dan yang terpenting, suplai oksigen dan menyebabkan penumpukan racun yang dapat membawa komplikasi tambahan. Kekurangan aliran oksigen juga menyebabkan kejenuhan dan dapat memengaruhi aliran darah juga.

Semua faktor ini, menggabungkan kesulitan bernapas dan menyebabkan gejala pernapasan lainnya.

Sekali lagi, sesak napas adalah tanda keparahan COVID dan bisa menjadi indikator cepat kasus COVID ringan berubah menjadi buruk.

Meskipun sebagian besar disebabkan oleh virus SARS-COV-2 yang menyerang paru-paru dan bagian dada, orang yang menderita beberapa kondisi lebih rentan untuk mendapatkan konsekuensi yang ditakuti ini.

Tingkat BMI yang tinggi dan obesitas, salah satunya, dapat menyebabkan beban ekstra di dada dan paru-paru serta memberi tekanan lebih pada otot yang bertanggung jawab untuk melakukan fungsi pernapasan. Pada COVID, tingkat peradangan dan sitokin yang tinggi juga dapat menimbulkan masalah.

Orang yang menderita gangguan pernapasan kronis, atau infeksi paru juga berisiko dua kali lipat. Beberapa infeksi saluran pernapasan, seperti pneumonia, bronkitis, PPOK dapat menyebabkan banyak iritasi, yang membuat saluran udara menjadi sesak dan menyebabkan kesulitan bernapas.

Waktu inkubasi virus SARS-COV-2 adalah 5-14 hari. Walaupun sesak napas mungkin bukan gejala yang menetap, diyakini bahwa gejala tersebut mulai muncul 5-6 hari setelah timbulnya gejala lainnya.

Karena pasien COVID dengan kesulitan bernapas mungkin tidak mengalami masalah dengan cara yang sama, mungkin sulit untuk menunjukkan tanda-tanda perhatian yang kritis.

Ingatlah bahwa tidak semua komplikasi pernapasan akibat COVID-19 cenderung berakibat fatal. Meskipun demikian, penting untuk mengetahui kapan harus mencari bantuan.

Singkatnya, seseorang harus mempertimbangkan untuk mencari bantuan atau perhatian medis jika tanda dan gejala berikut dialami:

-Mengalami nyeri di dada saat bernapas

-Merasa tekanan terus-menerus, batuk saat bernapas

-Biru, ungu atau pucat pada bibir atau seluruh wajah

- Saturasi oksigen turun

-Nafas bermasalah

-Konfusi, kesulitan tetap terjaga.

-Panting atau terengah-engah setiap 2 detik.

-Kedinginan ekstremis

Terapi dan pengobatan yang dapat membantu

Orang dengan masalah pernapasan, dengan atau tanpa COVID sering menggunakan bantuan oksigen dan memerlukan terapi intensif.

Meskipun penting untuk mencari bantuan medis saat dan ketika Anda melihat tanda-tanda bahaya yang kritis, beberapa pengobatan dan latihan juga dapat membantu pasien bernapas lebih baik dan meredakan masalah. Ini dapat sangat membantu dalam kasus COVID yang lebih ringan.

Misalnya, melakukan latihan pernapasan, mengencangkan bibir, menarik napas dalam-dalam, atau berbaring telentang dapat meredakan beberapa sensasi tidak nyaman. Berbaring dalam posisi tengkurap, atau menyamping juga dapat mengurangi berat badan yang ditimbulkan oleh organ lain dan mengatasi sesak napas.

Memanfaatkan mesin pendukung eksternal dan respirometer juga pasti bisa membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro