Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Discover Weekly, Spotify Buka Daftar Putar Lagu Dipersonalisasi Kedua

Spotify telah membuka fitur daftar putar lagu yang dipersonalisasi untuk sponsor beriklan dalam platformnya sejak 2019. Fitur bernama On Repeat akan menjadi playlist dipersonalisasi kedua, setelah Discover Weekly yang meluncur pada tahun yang sama.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 06 April 2021  |  11:46 WIB
Peluncuran On Repeat sejak September 2019 telah memberikan peningkatan dalam jumlah pendengar.  - Spotify
Peluncuran On Repeat sejak September 2019 telah memberikan peningkatan dalam jumlah pendengar. - Spotify

Bisnis.com, JAKARTA - Spotify telah membuka fitur daftar putar lagu yang dipersonalisasi untuk sponsor beriklan dalam platformnya sejak 2019. Fitur bernama On Repeat akan menjadi playlist dipersonalisasi kedua, setelah Discover Weekly yang meluncur pada tahun yang sama.

Dikutip dari Tech Crunch, Selasa (6/4/2021), daftar putar ini akan tersedia dalam platform Spotify sebagai bentuk kerjasama dengan sponsor melalui produk iklan sponsored playlist.

Spotify mengatakan produk ini dapat memberi pihak sponsor kesempatan memasarkan produknya kepada pengguna Spotify melalui audio, video, dan tampilan pesan iklan di antara waktu jeda pendengar, membuat mereka bisa memiliki pengalaman end-to-end. Selain itu, kesempatan ini juga bisa membuat para sponsor bisa menarik pengguna Spotify yang paling terlibat.

Saat Spotify membuka Discover Weekly untuk periklanan, pihaknya mencatat para pengguna yang mendengarkan lagu dalam daftar putar tersebut cenderung dua kali lebih banyak melakukan streaming dibanding mereka yang tidak mendengarkannya.

Konsep On Repeat nantinya juga akan mirip dengan Discover Weekly, yang mana daftar putar ini akan ditujukan untuk pengguna yang sering mendengarkan lagu melalui platformnya dan akan berfokus pada lagu-lagu yang sering diputar.

Peluncuran On Repeat sejak September 2019 telah memberikan peningkatan dalam jumlah pendengar. Tercatat bahwa setidaknya ada 12 miliar pendengar yang melalukan streaming melalui platformnya dan banyak penggemar menghabiskan waktu lebih dari 750 juta jam untuk mendengarkan lagu dalam platformnya.

Beberapa penyanyi seperti The Weeknd dan Ariana Grande diketahui merupakan artis yang masuk ke dalam daftar artis dengan lagu yang sering diputar dalam daftar putar tersebut.

Produk periklanan ini bukanlah barang baru bagi Spotify, pasalnya ia telah meluncurkan beberapa daftar putar khusus untuk periklanan meski sebagian besar bisa diakses secara terbatas kecuali Discover Weekly.

Produk ini juga merupakan aset berharga Spotify yang memang bertujuan untuk mengarahkan pengguna kepada daftar lagu berdasarkan algoritmanya, di mana ia merancang dan mengembangkan pusat "Made for You" dalam platformnya.

Melalui pusat tersebut, pengguna bisa terjun secara bergantian antara Discover Weekly dan koleksi lainnya yang disusun berdasarkan aliran lagu, artis, dekade, atau kategori lainnnya seperti rilis terbaru, favorit, lagu yang disarankan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iklan digital Spotify
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top