Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nike dan MSCHF Selesaikan Gugatan Satan Shoes

Nike maupun MSCHF tidak membuka hasil kesepakatan dari gugatan ini tetapi pihak MSCHF menawarkan para pembeli produk 'Satan Shoes' untuk menukarkan sepatu senilai US$ 1.018 tersebut dengan pengembalian dana penuh. Ini juga berlaku untuk sepasang sepatu 'Jesus Shoes.'
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 09 April 2021  |  15:09 WIB
Logo Nike - Istimewa
Logo Nike - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Nike dan kolektif MSCHF akhirnya menyelesaikan gugatan hak cipta atas 'Satan Shoes' yang merupakan modifikasi tidak resmi dari sepatu keluaran perusahaan pengembang sepatu tersebut.

Dikutip dari The Verge, Jumat (09/04/2021), baik Nike maupun MSCHF tidak membuka hasil kesepakatan dari gugatan ini tetapi pihak MSCHF menawarkan para pembeli produk 'Satan Shoes' untuk menukarkan sepatu senilai US$1.018 tersebut dengan pengembalian dana penuh. Ini juga berlaku untuk sepasang sepatu 'Jesus Shoes.'

"Dengan adanya 'Satan Shoes,' yang terjual lebih dari satu menit, MSCHF berniat untuk berkomentar terkait keanehan dari budaya kolaborasi yang dipraktikkan oleh sejumlah merek dan tentang keburukan intoleransi," ujar pengacara MSCHF.

Pihaknya juga menambahkan pesan artistik dari kolaborasi ini juga dikomunikasikan dengan baik melalui lagu Lil Nas X yang berjudul "Montero (Call Me By Your Name)" dan diperkuat secara dramatis oleh gugatan dari Nike.

Meski secara artistik kolaborasi ini telah mencapai tujuannya, tetapi pihak MSCHF menyadari bahwa penyelesaian ini merupakan cara terbaik untuk menempatkan gugatan tersebut di belakangnya sehingga pihaknya mendedikasikan waktunya untuk proyek artistik dan ekspresif baru.

Pihak Nike mengonfirmasi penyelesaian tersebut dengan membenarkan MSCHF telah melakukan kustomisasi sepatu tanpa izinnya serta meminta kolektif itu untuk menarik produk 'Satan Shoes' dan 'Jesus Shoes' dari pasaran dan membeli dua sepatu tersebut dengan harga aslinya secara sukarela.

"Jika para pembeli bingung, atau ingin mengembalika sepatu tersebut maka mereka bisa melakukannya untuk mendapatkan pengembalian dana penuh. Para pembeli yang memilih untuk tidak mengembalikannya atau mengalami kendala produk, kecacatan, atau masalah kesehatan harus menghubungi MSCHF, bukan Nike," jelas perwakilan Nike.

Pekan lalu, Nike menggugat kolektif MSCHF atas hak cipta dari 'Satan Shoes' yang dianggap sebagai upaya mempromosikan satanisme. Sepatu hasil kolaborasi dengan rapper Lil Nas X ini memiliki desain jahitan khusus dan dilengkapi dengan tinta merah, gantungan berbentuk pentagram, dan diduga setetes darah manusia.

Sepatu kolaborasi eksklusif ini dijual secara terbatas dengan jumlah 666 pasang dan semuanya telah dikirimkan kepada pembeli, kecuali satu pasang yang akan diberikan kepada penggemar Lil Nas X dalam sebuah acara giveaway.

Akan tetapi, gugatan yang akhirnya dimenangkan Nike ini membuat dampak pembatasan aktivitas bagi kolektif tersebut, salah satunya adalah pembatalan pembagian satu pasang tersebut sehingga menjadikan MSCHF menjadi pemilik terakhir dari koleksi tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepatu nike
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top