Berkebun bisa kurangi risiko sakit mental./Istimewa
Fashion

6 Alasan Kenapa Berkebun Baik Untuk Kesehatan Mental

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 12 April 2021 - 16:28
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA – Akhir-akhir ini berkebun menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mengisi waktu luang di kala pendemi.

Didukung dengan alasan ilmiah, dikatakan bahwa berkebun memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental dan terapi emosional.  Kemudian dapat meningkatkan kesejahteraan seseorang mulai dari mengurangi stres hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Melansir dari tatlerthailand, di Jepang mereka memiliki terapi yang disebut shinrin-yoku yang diterjemahkan menjadi mandi hutan, di mana mengenali kekuatan penyembuhan ruang hijau. Dikembangkan selama 1980-an, terapi tersebut telah menjadi landasan perawatan kesehatan preventif dan aktivitas penyembuhan.

Di bawah ini, 6 manfaat berkebun untuk kesehatan mental :

1. Vitamin D

Paparan vitamin D meningkatkan kadar kalsium, yang sangat bermanfaat bagi tulang dan sistem kekebalan tubuh. Mendapatkan sinar matahari yang cukup juga meningkatkan suasana hati. Jadi kegiatan seperti berkebun adalah cara yang pasti untuk mendapatkan takaran vitamin sinar matahari sambil melakukan hobi yang menyenangkan.

2. Peredam Stres

Berkebun seperti jenis olahraga yang bagus untuk menenangkan pikiran. Bekerja dengan tanaman dan berada di ruang hijau memberikan penghilang stres yang serius, serta stimulasi sensorik positif.

6. Olahraga

Sama seperti pergi ke gym, berkebun memungkinkan untuk berkeringat. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan mood dan menurunkan kecemasan. Semua aktivitas seperti penggalian, penggarukan tanah, dan penanaman membuat semua otot bergerak dan endorfin beterbangan. Dengan begitu dapat membantu meningkatkan kekuatan dan stamina.

4. Membuat Kehidupan

Berkebun akan memberikan rasa nyaman dan hidup. Berkebun cara terbaik untuk melatih kewaspadaan dan meluangkan waktu untuk menikmati keindahan di sekitar. Dengan begitu dapat mengesampingkan semua kekhawatiran, meskipun itu hanya untuk sementara.
Taman adalah tempat yang aman di mana Anda bisa mempraktikkan kehidupan yang penuh kesadaran.

5. Menemukan Tujuan

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari berkebun adalah Anda bisa mencapai sense of purpose. Karena berkebun adalah aktivitas langsung, maka memungkinkan untuk terlibat dan menuai hasil dari kerja keras tersebut. Berkebun juga memberikan rasa bangga dalam memelihara tanaman, bunga, dan tumbuhan Anda sendiri.

6. Menjalin Hubungan

Orang-orang yang terlibat dalam kegiatan berkebun merasakan hubungan yang lebih dalam dengan alam. Berkebun berarti membantu terhubung dengan semua hal yang harus dipelajari dari tanaman. Anda akan mengetahui nilai tanaman atau tanaman yang Anda tanam sendiri. Dengan demikian, aktivitas tersebut juga membantu memperkuat hubungan dengan orang lain yang memiliki hobi sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro