Sakit sendi/boldsky.com
Health

Bintik di Jari, Kenali Gejala Tak Biasa Penyakit Autoimun Rheumatoid Arthritis

Desyinta Nuraini
Selasa, 13 April 2021 - 13:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rheumatoid arthritis adalah peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Radang sendi ini menimbulkan keluhan bengkak dan nyeri sendi, serta sendi terasa kaku. Sayangnya, efek rheumatoid arthritis dapat muncul di tempat-tempat yang mengejutkan.

Menurut Illinois Bone & Joint Institute (IBJ), ada sejumlah gejala serius yang tidak berhubungan dengan sendi. Salah satunya bintik-bintik di jari.

Badan kesehatan di Amerika Serikat itu menjelaskan pembuluh darah di sekitar tubuh juga bisa meradang akibat rheumatoid arthritis. "Peradangan ini sebenarnya dapat menghentikan aliran darah ke jaringan. Kurangnya aliran darah dapat menyebabkan jaringan mati, yang dapat menciptakan bintik-bintik merah atau hitam, biasanya pertama kali terlihat di jari dan ujung jari," ujarnya dilansir dari Express UK, Selasa (13/4/2021).

Sementara itu, gejala non-sendi lainnya termasuk sesak napas, mati rasa dan kesemutan, masalah mengangkat anggota tubuh, mata merah, hingga tubuh yang mudah memar

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), jika mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk menemukan penyebab pasti. Namun memang sayangnya belum ada obat yang dapat menyembuhkan rheumatoid arthritis, tetapi Anda dapat sangat mengurangi keparahan gejalanya. Beberapa cara untuk mengurangi gejala peradangan sendi ini antara lain dengan berolahraga.

Seperti yang dijelaskan Mayo Clinic, olahraga meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, mengurangi nyeri sendi, dan membantu memerangi kelelahan. Bahkan olahraga ringan dapat meredakan rasa sakit dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

Pendekatan gaya hidup utama lainnya adalah makan makanan yang sehat dan seimbang. Meskipun tidak ada diet khusus yang harus diikuti oleh penderita rheumatoid arthritis, para peneliti telah mengidentifikasi makanan tertentu yang dapat membantu mengendalikan peradangan.

"Banyak dari mereka melakukan diet Mediterania, yang menekankan konsumsi ikan, sayuran, dan minyak zaitun, di antara makanan pokok lainnya," kata Arthritis Foundation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro