Ilustrasi perawatan kulit. Keluarkan tabir surya sebanyak satu ruas jari telunjuk. /istimewa
Health

Tak Sembarang Oles, Begini Tips Memakai Tabir Surya

Desyinta Nuraini
Jumat, 16 April 2021 - 12:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari efek penuaan dini. Pasalnya menurut studi, 75 persen penuaan dini akibat pajanan sinar ultraviolet baik itu UVA maupun UVB.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Litya Ayu Kanya Anindya mengatakan penting untuk memilih tabir surya yang tepat, yakni yang memiliki perlindungan broad-spectrum terhadap UVB dan UVA. 

"Sunscreen juga dapat dikombinasikan dengan bahan aktif lain yang dapat meningkatkan efektivitas dan memberi manfaat tambahan, seperti mengurangi pigmentasi dan melembabkan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (16/4/2021).

Berikut tips menjaga kesehatan kulit untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit dengan tabir surya :

1. Oleskan tebal 

Dokter Litya mengatakan SPF yang tertulis di dalam produk dipengaruhi oleh ketebalan sunscreen yang akan gunakan. Namun untuk memudahkan aplikasi khususnya pada wajah, keluarkan tabir surya sebanyak satu ruas jari telunjuk.

2. Oleskan sebelum terpapar sinar matahari

Sebaiknya dilakukan dalam waktu 15-30 menit sebelum terpapar matahari atau berkegiatan terutama di luar ruang. Produk yang bersifat chemical atau mengandung bahan kimia setidaknya membutuhkan waktu minimal 15 menit untuk bekerja secara efektif.

3. Aplikasikan ulang

Pemakaian tabir surya ternyata tidak hanya sekali. Anda perlu mengaplikasikan ulang setidaknya 3-4 jam sekali setelah pemakaian pertama. Namun ingat, sebelum mengaplikasikan ulang tabir surya, bersihkan dulu area wajah.

Litya juga memberi catatan. Bagi mereka yang mudah berkeringat dan berenang aplikasi ulang tabir surya membutuhkan waktu lebih cepat.  

Brand Spokesperson of L’Oreal Indonesia Cinta Laura Kiehl mengatakan pemakaian tabir surya juga dibutuhkan walaupun di rumah saja. "Karena sinar UV dari gadget ataupun sinar matahari dari jendela juga bisa mengakibatkan penuaan dini kulit," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro