/Thinkloud65.wordpress.com
Health

5 Mitos Seputar Diabetes

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 April 2021 - 09:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes adalah salah satu masalah paling umum di antara orang-orang saat ini. Tapi ada banyak mitos tentang masalah ini juga.

Diabetes bertanggung jawab atas 2 persen dari semua kematian di India, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Terlepas dari kenyataan bahwa diabetes tersebar luas, ada banyak mitos mengenai penyebabnya, pengobatan dan bagaimana hidup dengan diabetes mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

Berikut mitos seputar diabetes dilansir dari PinkVilla :

1. Seseorang tidak akan pernah bisa bebas dari diabetes

Penderita diabetes tidak membutuhkan insulin atau obat-obatan untuk waktu yang tidak terbatas. Ini dapat dikelola dengan langkah-langkah pencegahan tertentu seperti diet seimbang, perubahan gaya hidup, terapi herbal, dan aktivitas yoga tertentu.

2. Diabetes adalah keturunan

Ini hanya setengah kebenaran. Meskipun ada korelasi genetik yang jelas antara diabetes tipe 2 dan obesitas, gen tersebut tidak aktif.

Mereka diaktifkan oleh pola makan, gaya hidup, dan stres seseorang. Menariknya, gen ini dapat dimatikan dengan mengubah pola makan, gaya hidup, dan tingkat stres Anda. Anak-anak penderita diabetes biasanya sehat dan hanya dapat mengembangkan diabetes tipe II setelah usia 45 tahun. Diabetes tipe II hanya mempengaruhi 15-20 persen dari kasus seperti itu, tidak semua.

3. Gula adalah penyebab diabetes

Diabetes disebabkan oleh kekurangan hormon yang disebut insulin dalam aliran darah, bukan karena makan terlalu banyak gula. Sementara gula tinggi dalam makanan meningkatkan gula darah, sebagian besar penderita diabetes menderita resistensi insulin yang disebabkan oleh lemak, asam, peradangan, dan molekul IGF yang ditemukan dalam susu dan produk susu.

4. Seorang penderita diabetes tidak boleh makan nasi

Konsumsi karbohidrat berlebih biasanya meningkatkan kadar gula darah setelah makan. Dengan beberapa kacang-kacangan dan chapatti, nasi dalam jumlah sedang dapat dikonsumsi.

5. Orang gemuk juga akan menderita diabetes

Tentu tidak. Diabetes disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk ketidakseimbangan gula darah-insulin dan pilihan gaya hidup. Obesitas dapat menjadi faktor dalam tahap pra-diabetes, tetapi dapat dikelola dengan berbagai perbaikan gaya hidup, pola makan yang seimbang, dan olahraga teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro