Ilustrasi/Antara
Health

Catat! Tak Rawat Inap Saat Covid Rentan Kena Penyakit Jangka Panjang

Puput Ady Sukarno
Sabtu, 24 April 2021 - 14:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi terbaru menemukan fakta bahwa orang yang tertular Covid-19 bisa berisiko lebih tinggi untuk penyakit lain selama berbulan-bulan setelah infeksi awal mereka.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 73.000 orang Amerika yang mengidap Covid-19 tetapi tidak cukup sakit parah untuk memerlukan rawat inap, ditemukan memiliki risiko kematian 60 persen lebih tinggi dalam enam bulan setelah infeksi daripada orang yang tidak tertular virus.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature itu didasarkan pada catatan medis pasien di sistem kesehatan Departemen Urusan Veteran, membandingkan orang yang tertular Covid-19 dan yang tidak. Ini adalah salah satu studi terbesar yang belum meneliti fenomena "Covid jarak jauh".

Dalam enam bulan setelah infeksi awal, orang dengan Covid-19 ditemukan berisiko lebih tinggi terkena diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

Mereka juga lebih cenderung memiliki masalah medis baru yang belum pernah mereka alami sebelumnya di semua bagian tubuh, mulai dari paru-paru hingga otak hingga jantung hingga perut.

"Kami menemukan semuanya," kata Dr. Ziyad Al-Aly, Kepala Layanan Penelitian dan Pengembangan di VA St. Louis Health Care System dan penulis studi tersebut, kepada The New York Times, seperti dikutip dari laman People.com, Sabtu (24/4/2021).

Menurutnya yang mengejutkan tentang ini ketika menggabungkan semuanya. "Seperti 'Ya Tuhan,' Anda lihat skalanya. Sejujurnya, ini menggelegar. Kami tahu orang-orang kelelahan, kami tahu orang-orang lemah, kami tahu tentang masalah memori atau kabut otak," tambahnya kepada NPR.

Tapi, lanjut dia, ketika Anda menggabungkan semuanya, diabetes, masalah jantung, masalah ginjal masalah hati, stroke, kabut otak kelelahan, anemia, depresi dan kecemasan, itu sebenarnya cukup mengejutkan," ujarnya.

Para peneliti juga menggunakan catatan medis untuk melihat lebih dari 13.600 orang yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 dan membandingkannya dengan hampir 14.000 orang yang dirawat di rumah sakit karena flu.

Meskipun kedua kelompok cukup sakit sehingga memerlukan rawat inap, efek Covid-19 yang bertahan lama sangat berbeda dari influenza.

Orang yang tertular Covid-19 berisiko lebih tinggi mengalami masalah paru-paru yang berkepanjangan, di antara kondisi lainnya.

Karena penelitian didasarkan pada catatan kesehatan para veteran, sebagian besar pasien adalah laki-laki, meskipun 8.800 adalah perempuan.

Al-Aly juga mengatakan kepada NPR bahwa mayoritas orang [yang tertular Covid-19] tidak akan memiliki masalah dan konsekuensi di masa mendatang.

Tetapi memang benar, bahwa sebagian kecil orang, meskipun mereka menderita penyakit ringan, mereka berisiko lebih tinggi mengembangkan beberapa konsekuensi yang dijelaskan tadi.

"Jadi, risikonya bukan nol - kecil, tapi tidak sepele," ujarnya. Dan setelah hampir 32 juta kasus Covid-19 di AS, negara tersebut perlu menemukan cara untuk mendukung penderita jarak jauh.

"Itu benar-benar merupakan beban yang signifikan pada sistem perawatan kesehatan yang perlu kita persiapkan," katanya.

Menurutnya, semua pihak seharusnya tidak benar-benar terkejut dua atau tiga tahun kemudian, ketika orang yang menderita diabetes lebih banyak atau lebih banyak orang dengan penyakit jantung muncul.

"Kita seharusnya tidak bertindak terkejut. Kita harus bersiap untuk itu sekarang," ujarnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro