Youn Yuh-Jung. /imdb
Entertainment

Youn Yuh-Jung, Aktris Korea Pertama Raih Best Supporting Actress Piala Oscar

Nirmala Aninda
Senin, 26 April 2021 - 11:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah kemenangannya di BAFTA beberapa waktu lalu, aktris asal Korea Selatan Youn Yuh-Jung, yang belum lama ini membintangi film Minari mendapatkan pengakuan dari Academy Award.

“Saya tidak percaya pada persaingan, bagaimana saya bisa mengalahkan Glenn Close?” kata Youn dalam pidatonya, seperti dikutip melalui New York Times, Senin (26/4/2021).

“Malam ini, saya sepertinya hanya sedikit beruntung. Saya lebih beruntung dari Anda. Dan mungkin juga ini bentuk keramahan Amerika untuk aktor Korea. Saya tidak yakin. Akan tetapi bagaimanapun, terima kasih banyak," tambahnya.

Peran Youn sebagai seorang nenek dalam film garapan Lee Isaac Chung ini berlatar belakang tentang sebuah keluarga dari Korea Selatan yang bertani di kawasan Ozarks.

Minari, nama yang dipilih sebagai judul film merupakan nama untuk sayuran hijau yang populer dalam masakan khas Korea.

Kritikus New York Times A.O. Scott menyebut film ini mengungkapkan sebuah perasaan dengan sangat hati-hati, lembut dan mampu menggerakkan hati penontonnya.

Scott menyebut Youn sebagai scene-stealer yang cerdik dan menunjukkan karakter dengan apa adanya. "Dia memberikan kesan jahil, kebijaksanaan, kenangan perang, kemiskinan dan kesulitan lain yang tak terucapkan pada rumah tangga anaknya," ujar Scott.

Youn juga mengucapkan terima kasih kepada dua putranya yang sudah dewasa yang mendukung karirnya di dunia akting hingga berhasil membawa pulang piala Oscar.

Ini adalah nominasi pertama Youn, dan, hingga beberapa pekan sebelum seremoni diadakan, tidak ada kepastian tentang siapa yang akan membawa pulang piala penghargaan itu.

Salah satu saingan terbesarnya untuk kategori Best Supporting Actress mungkin adalah Glenn Close, 74 tahun, yang hingga saat ini telah dinominasikan delapan kali namun belum satu pun dia menangkan.

Namun setelah kemenangan Youn di SAG Award dan BAFTA, peluang bagi Close untuk membawa piala itu menjadi semakin kecil.

Untuk kali ini, Youn tidak menyampaikan pidato bernada sarkasme seperti yang dia sampaikan pada BAFTA lalu, tetapi tentu saja jenaka seperti perannya di film Minari.

“Seperti yang Anda ketahui, saya dari Korea, dan nama saya Yuh-Jung Youn - kebanyakan orang Eropa memanggil saya Yuh Youn dan beberapa memanggil saya Yuh-Jung,” katanya. “Tapi malam ini, kalian semua dimaafkan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro