Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Pasien Covid-19

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin harus menjadi hal yang utama. Vitamin C dan vitamin D harus dikonsumsi lebih dibandingkan dengan nutrisi lain.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 28 April 2021  |  20:42 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan yang dikonsumsi turut menentukan kesehatan dan kekebalan tubuh secara keseluruhan, termasuk pada pasien dan penyintas Covid-19.

Ketika seseorang terinfeksi virus SARS-COV-2, tubuh menjadi semakin lemah, dan berlanjut selama berhari-hari bahkan setelah pulih dari gejala yang dialami. Oleh karena itu, penting untuk segera meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya melalui makanan.  

Melansir Boldsky, Rabu (28/4/2021), konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin harus menjadi hal yang utama. Vitamin C dan vitamin D harus dikonsumsi lebih dibandingkan dengan nutrisi lain. 

Kemudian, konsumsi makanan yang akan membantu membangun kembali otot, imunitas, dan tingkat energi. "Mengonsumsi sedikit coklat hitam dengan kadar 70 persen kakao, lima porsi buah, dan sayuran setiap hari adalah suatu keharusan," tulis situs kesehatan tersebut.

Selain itu, cobalah makan makanan lunak pada interval kecil. Jika ada sisa makanan, jangan menyimpannya untuk nanti. 

Pasien Covid-19 juga perlu melakukan diet seimbang dengan mempertimbangkan karbohidrat, lemak, dan protein moderat. Ambil suplemen nutrisi oral dan antioksidan untuk memenuhi tuntutan gizi tubuh. Jika pasien mengalami diare atau mual, berikan teh jahe. Pasien Covid-19 yang mengalami hilangnya indra penciuman dan perasa, sebaiknya mengonsumsi bubuk mangga ditambah makanan yang mengandung zinc.

Sementara untuk penyintas Covid-19 yang mengalami kelelahan, upayakan mengonsumsi makanan yang meningkatkan energi seperti pisang, apel, jeruk atau jus jeruk nipis. Untuk yang mengalami batuk kering, minum banyak cairan, seperti air hangat dengan daun mint atau tulsi. 

Hindari minuman manis, alkohol, kopi karena mengarah ke dehidrasi. Minumlah 8-10 gelas air dan hidrasi sendiri. Sertakan rempah-rempah seperti jahe, bawang putih dan kunyit, hindari minuman beralkohol.

Berikut daftar makanan yang bagus dan menyehatkan untuk pasien Covid-19. 

1. Protein : ayam, ikan, telur, paneer, kedelai, almond, kenari, biji bunga matahari, chia. 
2. Karbohidrat kompleks : gandum utuh, oats, biji bayam  
3. Lemak sehat : kacang almond, minyak zaitun dan, minyak mustard. 
4.  Coklat hitam untuk mengatasi kecemasan, suasana hati, serta meningkatkan imunitas.
5. Susu kunyit untuk imunitas


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top