Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Perbedaan Antara Vaksin Covid-19 Sinovac dan Sinopharm dari China

Kedua vaksin ini memiliki kesamaan dengan menggunakan pengembangan vaksin berupa inactivated alias virus yang dimatikan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 30 April 2021  |  12:09 WIB
Kotak-kotak berisi vaksin Covid-19 tertumpuk saat proses produksi di Beijing Biological Products Institute, unit dari China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm di Kota Beijing, China, Jumat (26/2/2021).  - ANTARA/REUTERS
Kotak-kotak berisi vaksin Covid-19 tertumpuk saat proses produksi di Beijing Biological Products Institute, unit dari China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm di Kota Beijing, China, Jumat (26/2/2021). - ANTARA/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Badan POM telah resmi memberikan izin darurat penggunaan vaksin covid-19 buatan China, yakni Sinovac dan Sinopharm.

Kedua vaksin ini memiliki kesamaan dengan menggunakan pengembangan vaksin berupa inactivated alias virus yang dimatikan.

Meski demikian, ada beberapa perbedaan dari kedua vaksin tersebut sebagai berikut :

1. Perusahaan pembuat

Meski berasal dari China, namun perusahaan pembuat vaksin ini berbeda. Sinovac dibuat oleh Sinovac Biotech Ltd, sedangkan Sinopharm dibuat oleh Beijing Biological Products Institute, unit dari China National Biotec Group (CNBG)

2. Selang waktu penyuntikkan

Sinovac 14 hari untuk 18-59 tahun, sedangkan untuk lansia 28 hari. Sementara itu, Sinovac jelang waktu suntik 21-28 hari untuk meningkatkan efektifitasnya.

3. Imogenositas

Imogenositas dari vaksin Sinopharm 14 hari setelah suntikan kedua yang terbentuk antibodi persentase relawan antibodi netralisasi 99,92 persen untuk dewasa dan lansia 100 persen. Sedangkan imunogenisitas vaksin Sinovac setelah 3 bulan sampai 99,23 persen. 

4. Efikasi

Dari sisi efikasi juga berbeda. Efikasi vaksin Sinovac 65,3 persen dan vaksin sinopharm 78 persen. 

5. Distributor

Vaksin Sinovac didistribusikan oleh Bio Farma yang juga ikut mengembangkan bahan baku vaksin. Sedangkan vaksi Sinopharm didistribusikan oleh Kimia Farma.

6. Sasaran

Vaksin Sinovac ditujukan untuk vaksinasi massal pemerintah dengan prioritas tenaga medis, lansia dan pegawai publik. Sedangkan vaksin Sinopharm untuk program vaksinasi gotong royong.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Sinovac Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top