Hepatitis B/istimewa
Health

7 Tips Mencegah Tertular Hepatitis B

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 30 April 2021 - 18:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hepatitis B adalah penyakit hati yang diakibatkan oleh infeksi virus Hepatitis B.

WHO memperkirakan bahwa pada 2015, 257 juta orang hidup dengan infeksi hepatitis B kronis (didefinisikan sebagai antigen permukaan hepatitis B positif).

Hepatitis B dapat dicegah dengan vaksin yang aman, tersedia dan efektif.

Infeksi hepatitis B dan hepatitis C menyebabkan iritasi (peradangan) dan pembengkakan pada hati. Anda harus mengambil langkah-langkah untuk mencegah tertular atau menyebarkan virus ini karena infeksi ini dapat menyebabkan penyakit hati kronis.

Untuk penyakit atau kondisi apa pun, pencegahan adalah obat terbaik. Berikut adalah 7 cara untuk mengurangi kemungkinan terkena hepatitis dilansir dari timenownews:

1. Pastikan bayi telah diberi dosis pertama vaksin hepatitis B saat lahir. Bayi harus mendapatkan ketiga suntikan dalam seri pada usia 6 sampai 18 bulan.

Untuk bayi yang lahir dari ibu yang menderita hepatitis B akut atau pernah mengalami infeksi di masa lalu, vaksin hepatitis B khusus harus diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir. Orang dewasa juga harus divaksinasi. Cara terbaik untuk mencegah Hepatitis B adalah dengan divaksinasi.

2. Virus hepatitis B dan C menyebar melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh seseorang yang terkena virus tersebut. Karena itu, hindari kontak dengan darah atau cairan tubuh orang lain. Virus Hep B dan Hep C tidak menyebar melalui kontak biasa, seperti berpegangan tangan, berbagi alat makan atau gelas minum, menyusui, berciuman, berpelukan, batuk, atau bersin.

3. Hindari berbagi barang pribadi, seperti pisau cukur atau sikat gigi.

Jarum dan alat tindik apa pun (untuk obat-obatan, obat-obatan, tato) tidak boleh digunakan bersama.

4. Praktikkan seks aman karena cairan tubuh berperan di sini, lahan subur untuk transfer Hep B.

5. Pastikan bahwa darah yang digunakan untuk transfusi kepada orang-orang terdekat dan tersayang Anda bersertifikat "Disaring" untuk hepatitis B dan C.

6. Vaksin hepatitis B, atau suntikan hepatitis imunoglobulin (HBIG), dapat membantu mencegah infeksi jika diterima dalam waktu 24 jam setelah kontak dengan virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro