Jarum suntik. /Bloomberg
Health

Begini Cara Menghilangkan Fobia Jarum Suntik atau Trypanophobia

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 2 Mei 2021 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Takut jarum? Dokter Harvard memperingatkan Trypanophobia dapat mempengaruhi kesehatan Anda, karena itu Anda perlu mengatasinya.

Tidak ada orang yang menikmati saat menerima suntikan. Tetapi jika Anda memiliki ketakutan yang atau fobia terhadap jarum suntik, itu adalah kondisi yang perlu diatasi. Trypanophobia dapat merusak kesehatan pikiran dan tubuh Anda.

Kebanyakan dari kita takut disuntik ketika kita masih kecil tetapi mengatasinya pada saat kita dewasa

Beberapa orang mungkin terus memiliki ketakutan yang melumpuhkan terhadap jarum suntik saat dewasa dan membutuhkan bantuan untuk mengatasinya.

Jika rasa takut akan jarum suntik (trypanophobia) tidak teratasi pada waktunya, seseorang akan mengalami masalah kesehatan ke depannya.

Berdasarkan statistik, Robert H. Shmerling (MD) - Editor Senior Fakultas, Penerbitan Kesehatan Harvard mengatakan rata-rata orang sehat dapat menerima setidaknya 165 jarum suntik seumur hidup, termasuk untuk vaksinasi dan tes rutin.

Tambahkan lusinan atau bahkan ratusan lagi jika perlu dirawat di rumah sakit.

Dengan wabah COVID-19 yang merajalela dan perlombaan untuk memvaksinasi semua orang, trypanophobia dapat membuat vaksinasi menjadi masalah besar. Kondisi yang sangat umum ini ditandai dengan rasa takut yang tidak rasional, ekstrim atau keengganan terhadap darah atau jarum suntik.

Diperkirakan bahwa ketakutan terhadap jarum suntik mendorong banyak orang untuk melewatkan vaksinasi. Bahkan lebih jauh lagi: banyak orang yang sangat takut akan jarum suntik dapat menghindari dokter dan perawatan medis sama sekali.

Trypanophobia adalah kata yang dibuat dengan menggabungkan istilah Yunani trypan - yang berarti menusuk atau menusuk - dengan fobia, yang berarti ketakutan.

Penyebabnya bisa karena pengalaman traumatis selama penyakit medis masa kanak-kanak atau adakah komponen genetik? Para peneliti telah menemukan gen yang terkait dengan pingsan setelah tertusuk jarum, dan menemukan bahwa terkadang trypanophobia diturunkan dalam keluarga.

Apa saja gejala fobia ini?

1. Ketakutan atau kecemasan hanya pada kontemplasi akan pengalaman tertusuk jarum
2. Serangan panik, mual, atau berkeringat saat injeksi dijadwalkan
3. Palpitasi sebelum, selama atau setelah tusukan
4. Pingsan (karena refleks di mana rasa sakit atau melihat darah memicu penurunan tekanan darah)
5. Insomnia pada hari atau minggu sebelum jarum suntik diharapkan.

Mengapa dokter Harvard ini mengatakan trypanophobia sangat mempengaruhi Anda?

1. Kualitas hidup: Anda mengalami masa-masa sulit sepanjang minggu karena takut akan janji dengan dokter yang akan datang.

2. Kesehatan: Seseorang cenderung melewatkan tes dan perawatan yang disarankan untuk menghindari jarum suntik, yang berarti diagnosis terlewat, kondisi medis yang tidak terpantau dengan baik

3. Umur panjang: Melewatkan perawatan medis rutin dapat menyebabkan penderitaan dan kematian yang bisa dihindari. Suatu penyakit terlambat terdeteksi dan tidak dapat disembuhkan lagi.

Seseorang perlu mengatasi rasa takut akan jarum. Yang lebih penting adalah orang yang menderita Trypanophobia mengatasinya sekarang. Jika tidak, vaksinasi mereka sebelumnya terhadap COVID-19 dapat memiliki konsekuensi yang serius atau bahkan mematikan.

Bagaimana Anda bisa mengatasi Trypanophobia:

1. Bawa pendamping jika diperbolehkan: Anak-anak selalu didampingi oleh wali yang sudah dewasa. Tetapi bagi orang dewasa yang takut jarum suntik, memegang tangan teman atau anggota keluarga yang tepercaya atau mendengar suara orang tersebut dapat memberikan efek menenangkan.

2. Gunakan kekuatan gangguan: Tonton video yang menarik, fokus mendengarkan lagu yang Anda sukai, atau jauhkan pandangan Anda.

3. Pikirkan hal-hal baik yang akan dilakukan vaksin. Setelah vaksin COVID-19, Anda dapat memeluk keluarga atau merencanakan liburan yang sudah lama tertunda.

4. Beri tahu perawat atau dokter tentang ketakutan Anda: Beri tahu orang yang memberi Anda suntikan atau pengambilan darah bahwa Anda bergumul dengan hal ini, dan minta mereka untuk menggunakan trik yang telah dicoba dan diuji masing-masing untuk membantu Anda melewatinya.

5. Dapatkah Anda diberi obat penghilang rasa sakit?: Tanyakan kepada perawat apakah Anda mungkin diberi sesuatu yang mirip dengan novocaine, atau semprotan beku untuk kulit mati rasa sebelum jarum ditusuk.

6. Jangan menonton !: Alihkan pandangan Anda. Menonton akan membuat Anda tersentak. Anda akan melenturkan otot Anda sebagai reaksi dan memperburuk keadaan.

7. Tenang, rileks !: Coba pernapasan dalam atau teknik relaksasi lainnya yang dapat Anda praktikkan sebelum menusuk jarum.

8. Jangan melenturkan otot tempat suntikan akan diberikan: Beberapa suntikan seperti vaksin untuk melawan tetanus atau COVID-19, diberikan di dalam otot. Merilekskan otot akan menjadi pengalaman yang tidak terlalu menyakitkan.

9. Duduk sebentar atau berbaring sebelum ditusuk jarum: Terutama jika Anda memiliki kecenderungan atau riwayat pingsan atau perasaan pusing di masa lalu dengan tusukan jarum.

10. Carilah bantuan seorang konselor: Konselor akan mencoba mendengarkan Anda dan memberi Anda tip untuk mengatasinya. Atau arahkan Anda ke dokter spesialis kesehatan mental, jika perlu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro