Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penting Dicatat! Begini Tips Aman Pakai Mobile Banking

Phishing, vishing, dan skimming adalah beberapa praktik yang kerap kali dihadapi pengguna mobile banking. Kendati demikian, ada beberapa praktik mendasar yang dapat diadopsi untuk menghindari penipuan terkait bank tersebut.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  17:28 WIB
Mobile banking - istimewa
Mobile banking - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan perbankan online atau mobile banking memang menawarkan cara yang cepat dan nyaman untuk kita melakukan pembayaran tagihan, mentransfer uang, maupun transaksi lainnya. Namun, ada sejumlah risiko yang harus ditanggung. 

Phishing, vishing, dan skimming adalah beberapa praktik yang kerap kali dihadapi pengguna mobile banking. Kendati demikian, ada beberapa praktik mendasar yang dapat diadopsi untuk menghindari penipuan terkait bank tersebut. 

Melansir Times of India, Senin (3/5/2021), berikut adalah beberapa kesalahan terbesar yang tidak boleh Anda lakukan saat menggunakan rekening bank secara online : 

1. Jangan gunakan koneksi Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi perbankan online 

Saat melakukan transaksi bank online, jangan pernah menggunakan Wi-Fi publik untuk koneksi internet. Ini umumnya tidak aman dan dapat dengan mudah digunakan oleh peretas untuk menanam perangkat lunak yang menginfeksi perangkat Anda untuk mencuri detail perbankan Anda.

2. Jangan mengisi daya ponsel Anda di tempat umum pengisian daya 

Untuk menghindari menjadi korban pembajakan jus (kejahatan dunia maya yang menggunakan kabel USB untuk mencuri data), seseorang tidak boleh mengisi daya ponsel cerdas mereka di stasiun pengisian daya. Dianjurkan untuk membawa kabel pengisi daya sendiri. 

3. Jangan menelusuri layanan pelanggan bank atau nomor penting lainnya di Google 

Buka selalu situs web resmi bank untuk mendapatkan informasi terkait nomor telepon dan email untuk pertanyaan dan keluhan. 

4. Jangan menginstal aplikasi di ponsel cerdas Anda dari mana pun selain Google Play Store, dan Apple App Store 

Seseorang harus mengunduh aplikasi dari toko aplikasi yang dapat diandalkan hanya seperti Google Play Store dan Apple App Store. Mengunduh aplikasi dari sumber tidak resmi dapat membahayakan ponsel cerdas Anda dan data yang tersedia di dalamnya

5. Jangan abaikan pembaruan keamanan Android, selalu instal di ponsel cerdas Anda 

Meskipun pembaruan perangkat lunak membantu mengatasi bug dan masalah lain pada ponsel cerdas, pembaruan tersebut juga dapat membantu meminimalkan risiko dunia maya. OS terbaru hadir dengan patch keamanan terbaru yang mungkin sulit diatasi oleh seorang hacker. 

6. Jangan klik bank atau tautan terkait pembayaran yang dikirim melalui pos atau SMS, kecuali sangat yakin 

Jangan mengklik tautan terkait transaksi apa pun yang datang melalui SMS atau surat. Selain itu, terkadang penjahat cyber cenderung menciptakan urgensi untuk bertindak atau melakukan transaksi terkait bank. Perhatikan pesan-pesan semacam itu dan selalu periksa URL-nya sebelum mengklik. 

7. Jangan membagikan informasi perbankan atau KYC apa pun di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram 

Dianjurkan untuk tidak membagikan pertanyaan apa pun atau mencari penyelesaian keluhan di media sosial. Ini mengungkap info seseorang yang dapat dimanipulasi untuk merugikan dirinya oleh penjahat dunia maya. 

Bahkan jika seseorang menggunakan media sosial untuk terhubung dengan bank, seseorang harus menggunakan fitur Direct Message atau DM.

8. Jangan menyimpan sandi yang mudah untuk perbankan online 

Kata sandi yang lemah mudah diretas dan lebih rentan. Membuat kata sandi yang kuat mengurangi kemungkinan penipuan dunia maya. 

9. Jangan lupa untuk mengubah kata sandi perbankan online Anda secara teratur 

Mengubah kata sandi terkait bank setiap tiga hingga empat bulan menjamin keselamatan dan keamanan untuk menghindari menjadi korban penjahat dunia maya. 

10. Jangan tautkan nomor ponsel dan ID email yang tidak biasa Anda gunakan dengan rekening bank Anda 

Ini tidak hanya membantu dalam melacak semua transaksi bank, tetapi juga akan membantu Anda mengetahui transaksi tidak sah yang mungkin terjadi.

11. Jangan berbagi informasi terkait bank dengan siapa pun di telepon 

Scamsters, dalam banyak kasus, berpura-pura sebagai perwakilan bank dan menanyakan detail bank. Jangan bagikan detail seperti itu dengan mereka. Ingatlah selalu bahwa bank tidak akan pernah meminta informasi pribadi Anda. 

12. Jangan berikan izin yang tidak perlu ke aplikasi di ponsel cerdas Anda 

Baca dengan cermat sebelum memberikan izin ke aplikasi apa pun. Membiarkan aplikasi mengakses lebih banyak data berisiko pada informasi pribadi Anda yang dapat digunakan oleh peretas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan mobile banking
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top