Nadin Azimah. Saya sangat senang atas kehadiran program Equal dan bangga sekali menjadi bagian dari program ini. /Spotify
Entertainment

Spotify Luncurkan Program Musik Equal di Indonesia

Nirmala Aninda
Senin, 3 Mei 2021 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Spotify meluncurkan hub Equal Maret lalu dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional. Kini, Spotify memperluas komitmen globalnya dalam mendorong kesetaraan bagi perempuan di industri musik dengan meluncurkan Program Musik Equal.

Penyanyi Indonesia Nadin Amizah didapuk menjadi artist of the month pertama program Equal dan menjadi sampul playlist Equal Indonesia.

Menurut studi USC Annenberg yang didanai oleh Spotify terkait representasi perempuan dalam industri musik, hanya 1 dari 5 artis yang berada di tangga lagu merupakan perempuan. Padahal, musisi perempuan memainkan peran penting bagi Spotify dan industri musik secara keseluruhan.

"Dalam memulai upaya memperbaiki ketimpangan ini, Spotify akan semakin menggaungkan karya musisi dan kreator perempuan dengan memperluas sumber daya serta menciptakan lebih banyak peluang bagi mereka melalui pengalaman terpadu di dunia pada program musik global Equal," tulis Spotify dalam keterangan resmi, Senin (3/5/2021).

Inisiatif global ini dirancang secara unik untuk mendorong kesetaraan gender dalam bermusik dengan mengadaptasi dan mengembangkan kesuksesan program-program Spotify sebelumnya untuk menjadi pengalaman terpadu dalam mendukung para musisi perempuan di bawah satu naungan.

Adapun, program lengkapnya meliputi:

  • Playlist Lokal Equal. Playlist lokal akan tersedia di 35 pasar negara yang menjangkau lebih dari 50 negara - mulai dari Jepang hingga Argentina, dari Indonesia hingga Inggris. Dengarkan playlist untuk Indonesia di sini.
  • Playlist Global Equal. Playlist andalan berisi lagu-lagu terbaik ini akan memuat musik para artis Equal dari seluruh dunia, untuk memberikan pengalaman mendengarkan terbaik yang juga bertujuan untuk mempromosikan artis Equal setiap bulannya dari seluruh dunia.
  • Equal Artist of the Month. Satu artis dari tiap negara yang berpartisipasi akan ditampilkan di sampul playlist lokal negaranya masing-masing.
  • Promosi bagi Artis. Artis Equal pilihan setiap bulan akan mendapatkan promosi pada platform ini dan juga secara organik lewat ruang editorial Spotify - yang telah terbukti mampu mendorong pertumbuhan signifikan di negara asal artis tersebut dan negara lainnya.

Angkatan pertama artis Equal yang akan mengawali program ini salah satunya adalah Nadin Amizah sebagai artis Indonesia pertama yang muncul pada sampul playlist Equal Indonesia.

Beberapa artis lainnya dari seluruh dunia termasuk Saweetie (Amerika Serikat), Duda Beat (Brasil), Griff (Inggris), Natalia Lafourcade (Meksiko), dan Zoe Wees (Jerman/Inggris).

Nadin mengutarakan sebagai artis perempuan muda, dia menyadari bahwa membangun karier bukanlah sesuatu yang mudah. "Saya senang bisa bertemu begitu banyak orang yang mengakui saya dari segi musikalitas serta kerja keras saya dalam mewujudkan semua karya saya."

Memberikan kesempatan yang setara bagi perempuan dalam bermusik merupakan isu yang sangat penting karena terkadang kita hanya dinilai dari penampilan fisik kita, ketimbang dari kemampuan kita menciptakan musik yang dikenang dan bertahan lama, tambahnya.

Untuk menciptakan situasi yang mendukung kesetaraan gender dalam bermusik, Nadin percaya bahwa Program Musik Equal merupakan awal mula yang baik bagi platform musik untuk memberikan peluang yang sama bagi musisi perempuan maupun laki-laki dalam menampilkan musik mereka.

“Bersama dengan Equal, saya berharap dapat meningkatkan kesadaran akan keberagaman talenta perempuan sehingga perempuan dapat lebih didengar dan diakui. Saya sangat senang atas kehadiran program Equal dan bangga sekali menjadi bagian dari program ini,” tutup Nadin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro