Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Studi Sebut Sayuran Ini Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Adapun penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, merenggut sekitar 17,9 juta jiwa setiap tahun. 
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  21:03 WIB
Jantung
Jantung

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti dari New Edith Cowan University (ECU) menyebut makan semangkuk sayuran kaya nitrat setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan.

Adapun penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, merenggut sekitar 17,9 juta jiwa setiap tahun. 

Dalam studi ini, para peneliti menyelidiki apakah orang yang secara teratur makan sayuran kaya nitrat dalam jumlah yang lebih tinggi, seperti sayuran berdaun hijau dan bit, memiliki tekanan darah rendah, dan juga memeriksa apakah orang-orang yang sama ini cenderung tidak didiagnosis dengan penyakit jantung beberapa tahun kemudian. 

Para peneliti kemudian memeriksa data dari lebih dari 50.000 orang yang tinggal di Denmark yang mengambil bagian dalam Studi Diet, Kanker, dan Kesehatan Denmark selama periode 23 tahun. 

Hasilnya, mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi paling banyak sayuran kaya nitrat memiliki tekanan darah sistolik sekitar 2,5 mmHg lebih rendah dan risiko penyakit jantung lebih rendah antara 12 hingga 26 persen. 

Peneliti utama Dr. Catherine Bondonno dari ECU's Institute for Nutrition Research mengatakan mengidentifikasi diet untuk mencegah penyakit jantung adalah prioritas. 

"Hasil kami menunjukkan bahwa hanya dengan makan satu mangkuk sayuran mentah atau setengah mangkuk matang sayuran kaya nitrat setiap hari, secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," ujarnya seperti dilansir dari Medical Xpress, Selasa (4/5/2021). 

Dia menjelaskan penurunan risiko terbesar adalah untuk penyakit arteri perifer yaknk 26 persen. Arteri perifer adalah sejenis penyakit jantung yang ditandai dengan penyempitan pembuluh darah di kaki. "Namun kami juga menemukan bahwa orang-orang memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung, stroke, dan gagal jantung," tambahnya. 

Studi ini juga menemukan bahwa jumlah optimal sayuran kaya nitrat adalah satu mangkuk kecil sehari sementara makan lebih dari itu tampaknya tidak memberikan manfaat tambahan. 

"Orang tidak perlu mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kadar nitrat mereka karena penelitian menunjukkan bahwa satu mangkuk sayuran berdaun hijau setiap hari sudah cukup untuk meraup manfaat bagi penyakit jantung," kata Bondonno. 

Sementara itu, dia mengatakan memasukkan secangkir bayam ke dalam pisang atau smoothie berry mungkin cara mudah untuk menambah sayuran hijau ke dalam makanan sehari-hari. 

"Memadukan sayuran hijau baik-baik saja, tetapi jangan membuatnya menjadi jus. Membuat jus sayuran menghilangkan ampas dan seratnya," tambah Bondonno.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sayuran jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top