Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korsel Laporkan Temuan Kasus Flu Babi Pertama di 2021

Otoritas pencegahan penyakit Korea Selatan mengatakan adanya laporan tentang dugaan penjangkitan ASF dari sebuah peternakan babi di Yeongwon pada hari Selasa (4/5/2021) dan akhirnya dugaan tersebut dikonfirmasi positif pada hari Rabu
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 06 Mei 2021  |  10:08 WIB
Partikel virus flu babi (influenza tipe A subtipe H1N1) - NIAID
Partikel virus flu babi (influenza tipe A subtipe H1N1) - NIAID

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan melaporkan temuan kasus virus flu babi Afrika (African Swine Fever/ASF) pertama pada tahun ini di sebuah peternakan di Yeongwol, Provinsi Gangwondo.

Melansir KBS World pada Kamis (6/5/2021), Otoritas pencegahan penyakit Korea Selatan mengatakan adanya laporan tentang dugaan penjangkitan ASF dari sebuah peternakan babi di Yeongwon pada hari Selasa (4/5/2021) dan akhirnya dugaan tersebut dikonfirmasi positif pada hari Rabu (5/5/2021).

Pihak berwenang telah memerintahkan larangan perpindahan atas semua babi yang diternakkan di peternakan-peternakan di Provinsi Gyeonggido, Provinsi Gangwondo, dan Provinsi Chungcheong Utara selama 48 jam mendatang mulai hari Rabu (5/5) pagi.

Sebelumnya, beberapa kasus babi hutan yang merupakan pembawa virus ASF telah beberapa kali dikonfirmasi di kawasan Provinsi Gangwondo dan Gyeonggi-do. Saat ini, jumlah kasus ASF pada babi hutan, khususnya di Provinsi Gangwondo, telah mencapai total 718 kasus.

Keberadaan virus ASF pertama kali dikonfirmasi oleh Pemerintah Korea Selatan pada September 2019 di sebuah peternakan babi dekat ibukota Seoul, setelah virus flu babi Afrika muncul pertama kali pada 17 September 2019 di Paju.

Tak lama berselang, kasus baru ditemukan di peternakan babi kota Gimpo dengan sekitar 1.800 babi. Kota Gimpo letaknya hanya 14 kilometer dari selatan kota Paju, kota pertama yang terjangkiti flu babi Afrika. Kasus lainnya, masih di kota Paju, sekitar 2.300 babi telah dinyatakan positif terserang flu babi Afrika.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea selatan Flu Babi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top