Cara mencegah virus corona, jangan menarik di bawah hidung; jangan biarkan dagu terbuka; jangan menarik ke bawah dagu; jangan menyentuh topeng saat memakainya; jangan memakai topeng longgar; jangan memakai masker yang kotor, rusak, atau basah. /Unicef
Health

7 Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Novita Sari Simamora
Senin, 10 Mei 2021 - 19:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa cara untuk mencegah penyebaran virus  corona (Covid-19) selama pandemi, khususnya saat merayakan Lebaran tahun ini.

Saat berkumpul dengan teman dan keluarga untuk menjalin keakraban, maka protokol kesehatan menjadi cara paling ampuh mencegah penularan virus corona. Hal yang paling penting adalah tetap menggunakan masker meskipun di dalam rumah..

Mengutip dari BNPB, Senin (10/5/2021) ada beberapa cara mencegah virus corona masuk ke tubuh:

1. Cuci tangan Anda secara rutin. Untuk mencegah virus corona, maka cucilah tangan menggunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan yang berbahan alkohol.

2. Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin. Jagalah jarak sekitar 1,5 meter hingga 2 meter dengan setiap orang

3. Tetaplah kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan. Gunakan masker tiga lapis.

4. Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda.

5. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu.

6. Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.

7. Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis.

Telepon terlebih dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat segera mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Tindakan ini akan melindungi Anda serta mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

Masker

Masker dapat membantu mencegah penyebaran virus corona di masyarakat. Namun, mengenakan masker saja tidak cukup untuk melindungi diri dari Covid-19, sehingga harus dikombinasikan dengan pembatasan fisik dan kebersihan tangan. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro