Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

InterNations : Daftar 10 Negara Nyaman Ekspatriat 2021, Taiwan Terbaik

Taiwan, Meksiko, dan Kosta Rika menduduki peringkat teratas untuk tinggal dan bekerja di luar negeri pada 2021, berdasarkan biaya hidup mereka, kemudahan menetap dan kualitas hidup secara keseluruhan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  16:50 WIB
Taipei mengizinkan warga untuk bersepeda di masa pandemi Covid-19.  - Bloomberg
Taipei mengizinkan warga untuk bersepeda di masa pandemi Covid-19. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak diluncurkan pada 2014, InterNations setiap tahun melakukan survei ekspatriat di seluruh dunia. Negara-negara mana yang terbaik bagi ekspatriat pada 2021?

Pada awal 2021, survei bertajuk Expart Insider kembali dilakukan dengan melibatkan lebih dari 12.000 responden.

Taiwan, Meksiko, dan Kosta Rika menduduki peringkat teratas untuk tinggal dan bekerja di luar negeri pada 2021, berdasarkan biaya hidup mereka, kemudahan menetap dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (18/5/2021), Taiwan menduduki puncak tangga untuk tiga tahun berturut-turut dalam survei 12.420 ekspatriat yang dilakukan oleh InterNations, jaringan ekspatriat yang berbasis di Munich dengan sekitar 4 juta anggota.

Ekspatriat mengapresiasi perawatan medis Taiwan, di atas kualitas hidup. Sebanyak 96 persen responden senang dengan kualitas perawatan, dibandingkan dengan 71 persen secara global. Ekspatriat juga melaporkan mereka lebih puas dengan keamanan pekerjaan mereka di Taiwan dan keadaan ekonomi lokal daripada rekan-rekan mereka di negara lain.

“Saya bisa hidup mandiri. Saya merasa aman ke manapun saya pergi, dan semuanya aman” kata seorang ekspatriat dari Kanada, mengutip dari laman resmi InterNations, Selasa (18/5/2021).

Kesehatan, tentu saja menjadi perhatian khusus untuk ekspatriat tahun ini. InterNations mengukur peran Covid-19 telah bermain dalam kehidupan ekspatriat, tetapi temuan terkait pandemi tidak memengaruhi peringkat keseluruhan negara. Secara global, 45 persen responden mengatakan pandemi memiliki pengaruh pada waktu mereka di luar negeri atau berencana untuk pergi ke luar negeri.

Meksiko dan Kosta Rika berada di peringkat kedua dan ketiga. Keduanya mendapatkan nilai tinggi untuk menetap, yang bisa menjadi transisi yang sulit di negara lain. Kuwait, Rusia, dan Jepang mendapat skor sangat rendah dalam kategori ini.

Di Kuwait, 46 persen ekspatriat mengatakan mereka tidak merasa betah dalam budaya lokal dan 51 persen kesulitan menemukan teman baru. Di Jepang, hanya 45 persen yang mengatakan mereka merasa di rumah dengan budaya lokal. Dan di Rusia, 48 persen ekspatriat mengatakan sulit untuk tinggal di kota-kota negara itu tanpa berbicara bahasa lokal.

Sekitar 85 persen responden mengatakan mudah untuk menetap di Meksiko, sementara 91 persen ekspatriat menggambarkan populasi Kosta Rika sebagai "umumnya ramah." Empat dari lima ekspatriat di Meksiko mengatakan mereka puas dengan situasi keuangan mereka, dan 84 persen ekspatriat di Kosta Rika mengatakan pendapatan rumah tangga sekali pakai mereka "cukup atau lebih dari cukup" untuk menutupi semua pengeluaran mereka.

Kuwait, Italia, dan Afrika Selatan berada di bagian bawah daftar. Kuwait berada di tempat terakhir untuk ketujuh kalinya dalam delapan tahun, mendapatkan nilai buruk untuk kualitas hidup. Beberapa ekspatriat mencatat kurangnya pilihan rekreasi. Di Italia, 30% ekspatriat mengatakan mereka tidak puas dengan situasi keuangan mereka. Dan ekspatriat di Afrika Selatan melaporkan skor rendah untuk keamanan pekerjaan dan kebahagiaan dengan keadaan ekonomi lokal.

Survei menunjukkan divergensi yang luas dalam cara ekspatriat tetap mendapat informasi tentang pandemi. Di Bahrain dan Singapura, 75 persen dan 74 persen ekspatriat mengatakan mereka mengandalkan saluran resmi pemerintah untuk informasi tentang pandemi. Namun di Selandia Baru, 69 persen ekspatriat mengatakan mereka mengandalkan berita lokal, seperti halnya 65 persen dari mereka di Australia dan 60 persen di Inggris. Dan di beberapa negara bagian Teluk, sebagian besar ekspatriat mengatakan mereka mengandalkan media sosial untuk berita Covid-19: yang mencapai 59 persen di Oman, 55 persen di Arab Saudi dan 53 persen di Kuwait.

Ada juga perbedaan dalam bagaimana ekspatriat menilai komunikasi resmi Covid-19 dan peraturan terkait. Ekspatriat memberi Selandia Baru, Singapura, dan Australia top skor. Brasil berada di urutan terbawah dalam hal komunikasi Covid-19, dengan Mesir di tempat kedua hingga terakhir. AS berada di peringkat 54 untuk komunikasi tentang Covid-19.

10 Negara Terbaik dalam hasil survei InterNations adalah:

1.Taiwan
2. Meksiko
3. Kosta Rika
4. Malaysia
5. Portugal
6. Selandia Baru
7. Australia
8. Ekuador
9. Kanada
10. Vietnam


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

taiwan pekerja migran
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top