Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips dan Trik Agar Capai Skor TOEFL 550

Jika Anda ingin tes TOEFL dan mendapat skor tinggi untuk masuk perguruan tinggi atau perusahaan, berikut beberapa tipsnya untuk dipelajari
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Mei 2021  |  18:47 WIB
TOEFL - Istimewa
TOEFL - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Di media sosial twitter, tengah ramai dibahas terkait skor TOEFL. Bahkan, kata TOEFL 550 menjadi trending topik dengan mencatat sebanyak 14.000 cuitan.

Banyak mereka yang gagal mencapai TOEFl 550 itu menceritakan pengalamannya saat melakukan tes TOEFL.

Uji Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing, disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.

Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:

1. Listening comprehension,
2. Grammar structure and written expression,
3. Reading comprehension, dan
4. Writing.

Jika Anda akan menjalani tes TOEFL dan berharap skor tinggi, berikut tips dan triknya seperti dilansir dari americanexamservices.com:

1. Biasakan dirimu dengan TOEFL format

Salah satu alasan orang mengalami stres saat ujian adalah karena mereka belum cukup siap dan tidak tahu apa yang diharapkan sebelum ujian. Salah satu cara untuk menghindari stres pada hari ujian adalah dengan mempelajari format ujian secara detail.

Anda harus mempelajari bagaimana struktur ujian, strategi yang berguna untuk mengikuti setiap bagian ujian, dan tip umum lainnya yang akan meningkatkan skor Anda beberapa poin.

2. Penelitian Skor Persyaratan

Penting untuk meneliti persyaratan minimum untuk universitas atau institusi yang Anda minati sehingga Anda tahu berapa banyak poin yang Anda butuhkan untuk meningkatkan skor Anda.

Ingatlah bahwa nilai untuk tes berbasis kertas berbeda dengan nilai untuk iBT. Selain itu, skor yang dicapai pada ujian praktik biasanya beberapa poin lebih tinggi daripada yang akan Anda capai pada ujian yang sebenarnya.

3. Belajar Akademik Inggris

TOEFL digunakan untuk tujuan yang berbeda dari tes ESL lainnya. TOEFL secara khusus mengukur kemampuan Anda untuk berhasil di universitas atau perguruan tinggi Amerika.

Anda harus berkonsentrasi mempelajari bahasa yang akan Anda dengar dan lihat di kampus dan di kelas dengan membaca buku teks, ensiklopedi, jurnal, dan artikel penelitian. Ini akan membantu Anda mengenal presentasi dan bahasa yang digunakan dalam materi akademis.

4. Terus berlatih

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan TOEFL adalah berlatih mengerjakan tes.

Anda harus berlatih membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan, serta meningkatkan kosa kata Anda dan mengikuti ujian praktik lengkap.

Kunci untuk mendapatkan manfaat dari mengikuti ujian praktik adalah meninjau ujian Anda dan memahami apa yang Anda lakukan dengan baik dan apa yang Anda lakukan dengan buruk.

5. Cari Mentor

Guru bahasa Inggris asli yang andal yang tahu banyak tentang TOEFL adalah salah satu sumber daya terbaik yang dapat dimiliki siswa.

6. Siap di hari ujian

Ini sangat penting karena ketika Anda gugup, ingatan Anda tidak berfungsi dengan baik. Pastikan untuk pergi lebih awal dari jadwal dan bertujuan untuk berada di pusat ujian 30 menit sebelumnya.

7. Kecepatan Dirimu sendiri

Selama ujian, pantau waktu dan kecepatan ujian Anda dengan cermat. Banyak siswa yang mengerjakan TOEFL dengan buruk karena mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk pertanyaan yang sulit. Anda harus mendedikasikan sejumlah waktu untuk setiap bagian ujian dan penting untuk tidak melebihi batas itu.

8. Membuat catatan

Anda akan dapat membuat catatan di setiap bagian saat Anda mengikuti TOEFL iBT. Pencatatan diperbolehkan karena ini adalah keterampilan penting yang Anda butuhkan untuk unggul di tingkat universitas.

Kami menyarankan Anda melakukan ini sepanjang hari saat Anda mendengarkan laporan berita, membaca situs web, dan menonton TV. Buat singkatan Anda sendiri untuk kata dan frasa yang sering digunakan.

9. Menjawab Setiap Pertanyaan

Jangan biarkan pertanyaan kosong. Singkirkan semua jawaban yang Anda tahu salah dan kemudian buat tebakan yang cerdas. Meskipun Anda tidak bisa menghilangkan jawaban, Anda memiliki peluang 25% untuk mendapatkan jawaban yang benar.

10. Membaca setiap bagian

Biasakan diri Anda dengan kosakata akademis utama. Berlatih membaca tanpa menggunakan kamus. Ini akan membantu Anda meningkatkan pemahaman bacaan tanpa perlu memahami setiap kata.

Berkonsentrasilah pada area-area di dalam petikan yang pertanyaannya berkaitan. Baca sepintas bagian itu, baca pertanyaannya, lalu baca lagi untuk lebih jelasnya.

Anda biasanya akan ditanyai pertanyaan gagasan utama, setidaknya dua pertanyaan kosakata, beberapa pertanyaan rinci dan pertanyaan kesimpulan. Anda tidak akan punya waktu untuk membaca ulang seluruh bagian secara mendetail.

11. Mendengarkan

Simulasikan lingkungan pengujian yang sebenarnya saat berlatih untuk bagian mendengarkan, putar CD hanya sekali. Ini akan melatih telinga Anda untuk mendengarkan sepenuhnya pertama kali.

Selama ujian yang sebenarnya, jangan melihat kembali pertanyaan mendengarkan yang telah Anda jawab. Belajar mendengarkan ide utama, presentasi, dan detail utama.

12.  Berlatih bicara

Meskipun cara terbaik adalah menggunakan waktu sebanyak mungkin dengan tanggapan lisan Anda, tidak apa-apa untuk ragu-ragu sejenak sebelum memberikan tanggapan Anda.

Ringkas semuanya pada akhirnya dengan kesimpulan singkat.

Cobalah untuk hanya menggunakan kata-kata yang Anda rasa nyaman untuk diucapkan - Anda akan kehilangan poin untuk pengucapan yang buruk.

Jangan gunakan kosakata atau idiom yang tidak Anda pahami sepenuhnya karena Anda akan kehilangan poin karena penggunaannya yang tidak tepat.

13. Bagian penulisan

Hafalkan frasa dari tes latihan yang menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat koneksi di bagian pertama dari bagian menulis.
Jaga agar tulisan Anda tetap sederhana dan jelas. Gunakan hanya kosakata dan tanda baca yang Anda yakini.

Luangkan waktu untuk merencanakan esai Anda sebelum Anda menulisnya. Ini akan menghemat waktu Anda dalam jangka panjang!
Saat berlatih untuk bagian esai, temukan format yang Anda sukai dan gunakan format itu setiap saat. Gunakan banyak contoh pendukung
Jadikan tulisan Anda lebih mudah dibaca dengan menggunakan transisi (hafalkan daftarnya). Berikan waktu di akhir untuk memeriksa esai Anda.

14. Latih secara bersamaan semua hal di atas

Penting untuk melakukannya dengan baik di keempat bidang: membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Mungkin keterampilan membaca, mendengarkan, dan menulis Anda sudah siap, tetapi keterampilan berbicara Anda masih perlu ditingkatkan. Jika Anda mengerjakan satu bagian tes dengan sangat buruk, Anda harus mengulang seluruh tes. Anda tidak dapat mengulang hanya satu bagian. Pastikan Anda siap untuk mengikuti seluruh tes saat mendaftar.

15. Pakai pakaian yang nyaman

Anda harus mengenakan pakaian yang nyaman pada hari ujian karena Anda tidak pernah tahu apakah ruang ujian akan dingin atau hangat. Kenakan kemeja favorit Anda atau bawakan sesuatu yang memiliki arti khusus untuk Anda. Saat Anda merasa nyaman dan nyaman, Anda akan bekerja lebih baik

16. Makan sebelum ujian

Anda tidak akan diizinkan untuk membawa makanan atau minuman apa pun ke ruang ujian bersama Anda. Makan makanan ringan sebelum Anda mengikuti tes karena empat jam adalah waktu yang lama untuk tidak makan. Hindari terlalu banyak kafein karena terkadang dapat meningkatkan kecemasan dan benar-benar menurunkan fokus. Jangan mengonsumsi gula dalam jumlah besar tepat sebelum tes. Dan pastikan Anda punya banyak air.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahasa inggris toefl
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top