Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! 5 Tips Untuk Menghindari Batu Ginjal

Garam bisa meningkatkan kemungkinan dehidrasi. Dimana dehidrasi dapat meningkatkan kesempatan batu ginjal untuk berkembang.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  20:23 WIB
Cara menjaga kesehatan ginjal - boldsky.com
Cara menjaga kesehatan ginjal - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Batu ginjal merupakan endapan mineral dan garam tertentu yang mengkristal di dalam ginjal dan membentuk masa kecil hingga besar. Sebuah studi terbaru menunjukan tingkat batu ginjal sedang meningkat di dunia.  

Tidak hanya mengganggu, batu ginjal dapat menyakitkan seseorang seperti kencing berdarah, nyeri, mual, demam.

Untuk menghindari situasi tersebut, Bisnis telah merangkum lima tips yang dapat Anda lakukan agar dapat mencegah batu ginjal diantaranya:

1. Minum Banyak Air

Kunci untuk mencegah batu ginjal adalah tetap terhidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, urin Anda lebih pekat, yang membuat tubuh Anda lebih sulit untuk secara alami melarutkan mineral yang menyebabkan batu ginjal.

Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas air sehari dan mulailah untuk menghindari minuman asupan soda. Selain itu, Anda juga perlu membatasi konsumsi kafein 400mg per hari.

2. Konsumsi Makanan yang Kaya Kalsium

Kandungan kalsium juga memiliki peran penting dalam pencegahan batu ginjal. Salah satu jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat, banyak masyarakat yang keliru dalam berpikir bahwa perlu menghilangkan kalsium dari makanan.

Anda perlu mengonsumsi makanan alami yang kaya akan kalsium non-oksalat dan menghindari mengonsumsi suplemen kalsium

3. Kurangi Makanan Mengandung Oksalat

Kandungan oksalat dapat meningkatkan kalsium dalam urin sehingga meningkatkan kemungkinan pembentukan batu ginjal dalam urin.

Umumnya, secara alami oksalat ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, biji-bijian, polong-polongan, dan bahkan coklat dan teh.

Anda dapat mengurangi konsumsi makanan yang kaya akan oksalat. Tetapi hal yang lebih penting cobalah untuk makan dan minum makanan kaya kalsium dan oksalat bersama-sama selama makan.

4. Kurangi Asupan Sodium

Garam dapat meningkatkan kemungkinan dehidrasi. Dimana dehidrasi dapat meningkatkan kesempatan batu ginjal untuk berkembang.

Anda perlu mengurangi asupan natrium Anda menjadi sekitar 2.300 mg per hari atau kurang untuk membantu mencegah batu ginjal.

5. Baca Label Makanan

Mulailah luangkan waktu untuk membaca label makanan dengan cermat. Membaca label makanan akan membantu Anda membuat pilihan yang lebih baik dan akan memberi Anda pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana makanan tertentu memengaruhi Anda dan mengapa.

Jika Anda sedang mengikuti program diet, Anda bisa memilih program diet yang langsung membantu pencegahan batu ginjal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan ginjal tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top