Jangan panik bila mimisan, bukan masalah serius kecuali jika Anda mengeluarkan banyak darah. /Dinkes.wonogiri.go.id
Health

Cara Sederhana Mengobati Mimisan di Rumah

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 27 Mei 2021 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Epistaks adalah istilah medis untuk hidung berdarah atau mimisan. Mimisan itu karena mengeringnya selaput hidung atau luka karena mengorek hidung.

Hidung adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif karena dilapisi dengan ratusan pembuluh darah. Sedikit saja mendapat provokasi, hidung dapat mengeluarkan darah.

Jangan panik bila mimisan, bukan masalah serius kecuali jika Anda mengeluarkan banyak darah.

Melansir dari femina.id, Kamis (27/5/2021), mimisan dapat diobati di rumah menggunakan cara sederhana berikut:

1. Bawang

Bawang berperan sebagai agen pembekuan darah dan dapat menghentikan pendarahan hidung Anda. Selain itu, bawang mengandung vitamin C dan bio-flavonoid yang memperkuat kapiler tidak rentan terhadap pendarahan. Potonglah bawang menjadi dua, letakkan satu bagian di bawah hidung dengan hati-hati dan hirup aromanya. Lakukan ini selama beberapa menit.

2. Ketumbar

Sifat mendinginkan dan menenangkan ketumbar membantu menghentikan pendarahan. Ketumbar akan menyeimbangkan tekanan darah di pembuluh darah. Rempah tersebut juga merupakan antihistamin alami dan membantu menangkal alergi yang dapat menyebabkan mimisan.

Caranya adalah, gunakan pipet untuk oleskan 2-3 tetes minyak ketumbar ke dalam lapisan dalam hidung Anda.

3. Tulsi

Tulsi adalah tonik saraf yang dapat menenangkan saraf dan pembuluh darah yang stres. Gunakanlah ekstrak jus dari beberapa daun tulsi dan dengan bantuan pipet. Lalu oleskan 2 tetes di setiap lubang hidung. Anda juga bisa mengunyah beberapa daun obat tersebut.

Tindakan pencegahan lainnya:

  • Dengan menggunakan kapas, usapkan dengan lembut bagian dalam lubang hidung Anda dengan minyak Vitamin E beberapa kali sehari. Anda juga bisa mengganti minyak dengan petroleum jelly. Cara ini membantu menjaga kelembapan lubang hidung Anda.
  • Konsumsi makanan kaya vitamin C dalam makanan harian. Itu akan membantu dalam pembentukan kolagen, yang menjaga lapisan dalam tetap lembab.
  • Perbanyak konsumsi roti gandum dan beras merah. Keduanya mengandung seng yaitu nutrisi yang membantu menjaga pembuluh darah tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro