Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Cara Efektif Berbaikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar

Pertengkaran dapat menyebabkan keheningan dan ketidaknyamanan berkepanjangan antara Anda dan pasangan. Bertengkar bukanlah hal yang buruk, karena tak ada pasangan tanpa pertengkaran.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 01 Juni 2021  |  16:24 WIB
Ilustrasi. Komunikasi adalah kunci untuk berbaikan setelah pertengkaran.  - Sheknows
Ilustrasi. Komunikasi adalah kunci untuk berbaikan setelah pertengkaran. - Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA – Pertengkaran dapat menyebabkan keheningan dan ketidaknyamanan berkepanjangan antara Anda dan pasangan. Bertengkar bukanlah hal yang buruk, karena tak ada pasangan tanpa pertengkaran.

Bagaimanapun, inilah yang membuat hubungan Anda menjadi lebih kuat. Banyak hal yang bisa jadi pemicu pertengkaran seperti beda pendapat, salah paham hingga sikap dan kebiasaan.

Sayangnya, kebanyakan pertengkaran seringkali melibatkan konfrontasi dan argumen yang bisa membuat situasi menjadi lebih buruk dan Anda bisa berakhir dengan mengatakan hal-hal yang tidak Anda maksudkan.

Meski tidak semudah saat memulai pertengkaran, masing-masing orang memiliki caranya masing-masing untuk pulih dari perkelahian. Mungkin, beberapa bisa dengan mudah melupakan pertengkaran dalam beberapa menit, sedangkan yang lain membutuhkan beberapa hari untuk melupakanya.

Berapapun waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari pertengkaran, berbaikan setelah bertengkar sangat penting untuk menyelesaikan masalah dan melanjutkan kembali kehidupan Anda.

Cobalah cara-cara efektif untuk berbaikan setelah bertengkar, seperti dilansir dari PinkVilla, Selasa (1/6/2021).

1. Minta Maaf

Jangan sampai ego Anda menghalangi Anda untuk meminta maaf kepada orang yang penting di hidup Anda. Permintaan maaf yang tulus dan sederhana bisa sangat membantu dan dapat mengurangi ketegangan serta perang dingin antara Anda dan pasangan setelah pertengkaran.

2. Berkompromi dan bernegosiasi

Dengan negosiasi, Anda dan pasangan bisa menemukan titik tengah. Apapun alasan yang membuat Anda dan pasangan bertengkar, cobalah untuk bernegosiasi dan berkompromi untuk mengakhiri perdebatan.

3. Menyampaikan

Komunikasi adalah kunci untuk berbaikan setelah pertengkaran. Sampaikan apa yang menurut Anda atau pasangan salah, dan hal-hal yang menyebabkan pertengkaran di antara Anda dan pasangan. Cobalah untuk membagikan sudut pandang Anda dengan pasangan dan dengarkan pandangan mereka. Hal ini dapat membantu Anda dan pasangan untuk memahami satu sama lain juga mencegah perselisihan di masa depan.

4. Beri waktu

Berpura-pura tidak terjadi apa-apa tidak akan membantu Anda menyelesaikan masalah. Berikan waktu untuk diri sendiri dan pasangan Anda untuk memikirkan semuanya dan memproses emosi dan perasaan Anda. Jika emosi dan perasaan Anda atau pasangan sudah jauh lebih baik, mulailah untuk berdiskusi dan bernegosiasi satu sama lain. Dan jangan lupa untuk meminta maaf dengan tulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasangan suami istri Relationship
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top