Ilustrasi Diabetes Melitus/Istimewa
Health

4 Jenis Rasa Sakit Ini Jadi Tanda-tanda Diabetes

Sartika Nuralifah
Jumat, 4 Juni 2021 - 14:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kadar gula darah yang tinggi secara konsisten dapat menyebabkan rasa sakit yang ditandai dengan empat sensasi berbeda.

Gejala diabetes tipe 2 pada awalnya tidak terlihat karena kadar gula darah tinggi membutuhkan waktu untuk memulai.

Diabetes tipe 2 juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung karena pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau insulin yang dihasilkannya tidak diserap oleh sel. Ini memiliki konsekuensi serius karena insulin mengatur gula darah. Kadar gula darah yang tinggi secara konsisten dapat merusak tubuh dan beberapa tanda peringatan paling akut melibatkan kerusakan saraf.

Selain itu terdapat istilah neuropati perifer. Istilah tersebut adalah istilah medis untuk menggambarkan kerusakan gula darah pada sistem saraf perifer dapat menyebabkan jenis nyeri yang berbeda

Seperti yang dijelaskan Mayo Clinic, sistem saraf tepi mengirimkan informasi dari otak dan sumsum tulang belakang (sistem saraf pusat) ke seluruh tubuh. Ketika jaringan ini rusak, seringkali menimbulkan rasa sakit. Menurut Mayo Clinic, orang sering menggambarkan rasa sakitnya dengan merasa tertusuk dan terbakar.

Adapun 4 rasa sakit tersebut adalah sebagai berikut :

Menurut Mayo Clinic, orang sering menggambarkan rasa sakit sebagai:

1. Rasa sakit yang tajam atau dalam
2. Rasa sakit yang menusuk
3. Berdenyut
4. Rasa sakit seperti terbakar

Menurut diabetes.co.uk, minum lebih banyak air dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Penting juga untuk selalu memantau asupan makanan tertentu karena dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak. Penyebab terburuk adalah jenis karbohidrat tertentu yang dipecah menjadi glukosa darah relatif cepat.

Semakin cepat makanan dipecah menjadi glukosa darah, semakin jelas dampaknya pada kadar gula darah.

Untuk memilah makanan yang baik dari yang buruk  harus mengacu pada indeks glikemik (GI). GI adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan mempengaruhi tingkat gula darah (glukosa) ketika makanan itu dimakan sendiri.

Makanan karbohidrat yang dipecah dengan cepat oleh tubuh dan menyebabkan peningkatan glukosa darah yang cepat memiliki peringkat GI yang tinggi. Makanan yang memiliki GI tinggi meliputi gula dan makanan manis, minuman manis, roti putih, kentang dan nasi putih.

Makanan dengan GI rendah atau sedang biasanya dipecah lebih lambat dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap dari waktu ke waktu. Beberapa makanan dengan GI rendah atau sedang seperti b buah dan sayuran, kacang-kacangan dan gandum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro