Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Strategi Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh Anda

Tahukah Anda penyakit seperti gangguan menstruasi, kencing manis, gigantisme hingga pembesaran kelenjar gondok disebabkan oleh gangguan hormon?
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  15:12 WIB
Bangun dan berjalan setiap 2-3  jam dalam sehari.  - Bloomberg
Bangun dan berjalan setiap 2-3 jam dalam sehari. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukah Anda penyakit seperti gangguan menstruasi, kencing manis, gigantisme hingga pembesaran kelenjar gondok disebabkan oleh gangguan hormon?

Hormon merupakan pembawa pesan kimiawi antarsel atau antarkelompok sel. Semua organisme multiselular termasuk tumbuhan itu memproduksi hormon.

Mengutip Hello Sehat, Jumat (11/6/2021), hormon dihasilkan baik di otak (bagian hipotalamus dan hipofisis) maupun di luar otak (pankreas, kelenjar tiroid, adrenal dan organ reproduksi). Organ-organ tersebut mengeluarkan hormon, kemudian hormon akan masuk aliran darah menuju organ tujuan tempat hormon tersebut bekerja.

Tubuh Anda mengeluarkan sekitar 50 hormon yang mengontrol banyak fungsi penting. Oleh karena itu, fungsi hormon bagi tubuh manusia sangat penting.

“Mereka dapat bekerja perlahan, dari waktu ke waktu, dan dapat memengaruhi banyak area berbeda, termasuk metabolisme, reproduksi, suasana hati, fungsi seksual dan banyak lagi.” tulis Barb Woegerer, dokter naturopati, di akun Instagramnya @drbarbwoegerer.

Barb membagikan lima strategi untuk menyeimbangkan hormon.

1. Gizi yang Baik

Sangat penting untuk mendapatkan banyak lemak sehat sehingga tubuh Anda memiliki bahan baku untuk membuat hormon yang dibutuhkannya. Kita juga membutuhkan protein berkualitas baik yang memberi tubuh Anda asam amino yang digunakan untuk memproduksi hormon tertentu, seperti estrogen, insulin, dan hormon tiroid. Buang karbohidrat olahan dan gula karena mereka menciptakan malapetaka bagi hormon Anda.

2. Mengatasi Toksisitas

Bahan kimia beracun yang ditemukan dalam pestisida, plastik, pembersih dan produk kecantikan mengandung bahan kimia pengganggu hormon yang dapat meniru hormon dalam tubuh kita dan mencegah tubuh kita memproduksi hormon yang sebenarnya. Pastikan untuk memasak dalam wadah kaca, panci logam yang tidak dilapisi, beli produk organik jika Anda bisa, dan buat pilihan yang lebih bersih untuk produk kecantikan Anda.
 
3. Tidur Cukup

Ini adalah hal yang perlu diperhatikan. Tubuh Anda pulih dan mengisi kembali hormon-hormon penting saat Anda tidur. Jika tidur Anda kurang, kortisol, estrogen, progesteron, dan insulin Anda semuanya menjadi tidak seimbang, yang dapat memengaruhi suasana hati, tingkat stres, metabolisme, dan banyak lagi.
 
4. Olahraga Teratur

Jumlah dan jenis olahraga yang tepat dapat berdampak positif pada hampir setiap hormon. Bagi mereka yang memiliki ketidakseimbangan hormon, olahraga intens yang berkepanjangan sebenarnya dapat memperburuk masalah dalam jangka pendek. Jadi fokuslah pada jalan kaki, hingga yoga.

5. Mengatasi Stres

Stres kronis adalah berita buruk bagi keseimbangan hormon. Menghilangkan stres bukanlah proses pemotong kue yang akan bekerja sama pada setiap orang, jadi silakan jelajahi pilihan Anda dan lihat apa yang terbaik untuk Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga hormon
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top